Back to Top
POLITIK

Dugaan Kecurangan di Pemilu 2024 Disebut 'Lebih Parah' – Apa Saja Bentuk Pelanggaran Yang Terjadi Saat Pencoblosan? Simak!

DEMOCRAZY.ID
Februari 17, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Dugaan Kecurangan di Pemilu 2024 Disebut 'Lebih Parah' – Apa Saja Bentuk Pelanggaran Yang Terjadi Saat Pencoblosan? Simak!

DEMOCRAZY.ID -  Lembaga pemantau pemilu Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia menyebut dugaan kecurangan dan pelanggaran yang terjadi pada Pemilu 2024 "lebih parah" ketimbang pemilu sebelumnya. Pantauan DEEP Indonesia di tujuh provinsi menemukan logistik surat suara banyak yang tercoblos, tertukar dan hilang. Kemudian ada pula laporan kotak suara tidak tersegel, tempat pemungutan suara terlambat dimulai hingga TPS yang tak aksesibel terhadap disabilitas.  Komisioner Komisi Pemlihan Umum (KPU), Idham Kholik, mengatakan jika ada dugaan kecurangan maka proses itu akan ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Adapun anggota Bawaslu, Loly Suhenty, menyebut pihaknya belum bisa memastikan jumlah surat suara yang telah tercoblos.  Sementara itu, Presiden Jokowi berkata jika ada bukti pelaksanaan pemilu curang agar segera dibawa ke Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi.  Isu kecurangan paling banyak diperbincangkan Lembaga analis media sosial Drone Emprit menem
Baca selengkapnya

Penulis blog