HOT NEWS

Terkuak Isi Surat Wasiat Soekarno Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir, Sebut Nama Ratna Sari Dewi?

DEMOCRAZY.ID
Januari 04, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Terkuak Isi Surat Wasiat Soekarno Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir, Sebut Nama Ratna Sari Dewi?

Terkuak Isi Surat Wasiat Soekarno Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir, Sebut Nama Ratna Sari Dewi?


DEMOCRAZY.ID - Semasa hidupnya, Soekarno tercatat menikah dengan 9 orang wanita dan salah satunya adalah Naoko Nemoto atau Ratna Sari Dewi.


Ratna Sari Dewi adalah nama yang diberikan Soekarno usai menikahi Naoko Nemoto yang merupakan orang Jepang asli.


Sosok Ratna Sari Dewi ternyata menjadi istri yang sangat dicintai Soekarno, bahkan namanya masuk ke dalam surat wasiat yang ditulis sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.


Hal ini seperti yang dikisahkan dalam salah satu konten di kanal YouTube Pojok History, dimana dijelaskan mengenai momen pernikahan keduanya di tahun 1962.


“Soekarno sangat mencintai istrinya, Ratna Sari Dewi. Mereka menikah pada tahun 1962, kala itu usia Ratna masih sangat muda yaitu 19 tahun,” kata narator, dikutip pada Kamis, 4 Januari 2024.


Pernikahan tersebut kemudian memberikan Bung Karno seorang putri yang diberi nama Kartika Sari Dewi Soekarno dan tidak tinggal di Indonesia sejak lahir.


“Dari pernikahannya itu, Ratna dan Soekarno dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Kartika Sari Dewi Soekarno,” terang narator.


Lebih lanjut, dijelaskan bahwa sebelum meninggal Bung Karno sempat menuliskan surat terakhir yang bisa disebut sebagai surat wasiat.


Surat wasiat ini sendiri merupakan surat berisi ungkapan cinta kepada Ratna Sari Dewi yang merupakan istri keenamnya.


Isinya sekaligus menyebutkan permintaan terakhirnya berkaitan dengan Ratna, yakni permintaan untuk dimakamkan di bawah pohon yang rindang.


“Soekarno pernah menulis surat cinta untuk Ratna. Isi surat itu adalah pesan bahwa saat Soekarno meninggal nanti, ia ingin dimakamkan di bawah pohon yang rindang,” ungkap narator.


Tak hanya itu, isi surat tersebut juga mengungkap betapa besar cinta yang dimiliki Bung Karno kepada Ratna Sari Dewi.


Bahkan dengan cinta tersebut, dibuat permintaan lainnya untuk menyatukan makamnya dengan Ratna ke dalam satu liang lahat.


“Soekarno juga menulis, bahwa ia memiliki istri yang sangat dicintai dengan segenap jiwa bersama Ratna Sari Dewi,” jelas narator.


“Soekarno ingin jika Ratna meninggal, maka kuburlah di dalam kuburannya karena ia menghendaki Ratna selalu bersamanya,” imbuhnya. 


Sumber: Hops

Penulis blog