HOT NEWS

Sosok Imam Masjid di AS Yang Tewas Ditembak Dikenal Dermawan

DEMOCRAZY.ID
Januari 04, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Sosok Imam Masjid di AS Yang Tewas Ditembak Dikenal Dermawan

Sosok Imam Masjid di AS Yang Tewas Ditembak Dikenal Dermawan


DEMOCRAZY.ID - Seorang imam di New Jersey, Amerika Serikat (AS), Imam Hassan Sharif (52), tewas usai ditembak pria tak dikenal di luar Masjid Muhammad di Newark. Sosoknya dikenal sebagai imam progresif yang memperhatikan kesejahteraan umat Islam.


Melansir AP, Kamis (4/1/2024), penembakan terhadap Imam Sharif terjadi pada Rabu (3/1/2024) pagi sekitar jam 6. 


Jaksa Wilayah Essex Ted Stephens dalam konferensi pers mengatakan Imam Sharif berada dalam mobil saat seorang pria meluncurkan tembakan lebih dari satu kali. Imam Sharif sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat tetapi ia meninggal pada sore hari.


Jaksa Agung New Jersey Matthew Platkin dalam konferensi pers pada Rabu sore menduga motif penembakan itu tidak didorong oleh "bias" atau tindakan terorisme dalam negeri, lapor The New York Times. Ia menyebut ini merupakan korban dari epidemi kekerasan bersenjata.


"Kita juga tahu bahwa Imam Sharif hanyalah korban terbaru dalam epidemi kekerasan bersenjata yang melanda negara bagian dan negara kita," katanya.


Imam Sharif sudah menjadi imam di Masjid Muhammad selama lebih dari empat tahun. 


Masjid Muhammad diketahui merupakan salah satu masjid tertua di New Jersey dan menjadi jantung perkembangan Islam di wilayah tersebut.


Dalam kacamata Wahy-ud Deen Shareef, pemimpin Dewan Islam di New Jersey, sosok Imam Sharif dikenal sebagai pemimpin progresif yang menaruh perhatian pada komunitas muslim dan kesejahteraannya.


CBS New York melaporkan, para jemaah di dekat Celestial Church of Christ mengatakan sering melihat Imam Sharif di pagi hari untuk bersiap melaksanakan salat Subuh. Mereka menyebut sering mendapat bantuan dari Imam Sharif.


"Dia sangat membantu. Dia mengizinkan kami parkir di tempat parkir," kata Margaret Adebayo.


Selain menjadi imam masjid, Imam Sharif adalah seorang pegawai negeri di Transportation Security Officer di Bandara Internasional Newark Liberty selama 17 tahun terakhir. Dia dikenal sebagai advokat komunitas yang dermawan.


"(Imam Sharif) memberi makan kepada para tunawisma, pecandu narkoba, dan pecandu alkohol. Kami melakukannya sebulan sekali dan Sabtu lalu adalah kali terakhir kami melakukannya," kata Jimmy Small dari Liga Pemilih Muslim New Jersey.



Sumber: Detik

Penulis blog