POLITIK

Mengulik Tentang PT TMI Yang Disebut Anies 'Orang Dalam' Prabowo, Ada Jejak Kerjasama Rahasia Dengan Kemhan?

DEMOCRAZY.ID
Januari 09, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Mengulik Tentang PT TMI Yang Disebut Anies 'Orang Dalam' Prabowo, Ada Jejak Kerjasama Rahasia Dengan Kemhan?

Mengulik Tentang PT TMI Yang Disebut Anies 'Orang Dalam' Prabowo, Ada Jejak Kerjasama Rahasia Dengan Kemhan?


DEMOCRAZY.ID - Anies Baswedan di sesi debat Capres 2024 membuat banyak pernyataan yang menjadi kontroversi, terutama soal Prabowo Subianto dan Kemhan.


Dalam debat Capres putaran ketiga, Anies Baswedan mengatakan kinerja Kementerian Pertahanan (Kemhan) di bawah Prabowo Subianto kurang bagus.


Menurut Capres nomor urut 1 itu, Pabowo Subianto mempunyai keterlibatan 'orang dalam' di Kemhan melalui PT Teknologi Militer Indonesia (PT TMI).


Anies Baswedan mempertanyakan di mana etika Prabowo Subianto yang dinilai membiarkan dugaan pelanggaran di Kemhan.


"Ketika bapak memimpin di Kementerian Pertahanan banyak 'orang dalam' dalam pengadaan alutsista, PT Teknologi Militer Indonesia (TMI), Indonesia defense security, lalu orang dalam dalam pengelolaan food estate," kata Anies.


Menurut Anies orang dalam di proyek tersebut menunjukkan etika Prabowo Subianto, dan ia menyinggung bahwa seorang Presiden harus memiliki etika yang tinggi.


"Ketika dikatakan bahwa standar etika yang dipegang adalah tinggi, memang menjadi presiden, panglima tertinggi harus memiliki standar etika yang amat tinggi. Itu harus. Karena dia akan mengambil keputusan, mengerahkan pasukan. Ketika harus bertempur ada korban nyawa. Itu keputusan-keputusan etika. Tapi dalam kenyataannya, pak, ketika bapak memimpin di Kementerian Pertahanan, banyak orang dalam," tutur Anies.


Namun, Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai Juru Bicara Kementerian Pertahanan dengan tegas mengatakan tidak ada pembelian alutsista di PT TMI.


Tidak ada pembelian alutsista oleh TMI," kata Dahnil dikutip dari Tirto, Selasa, 8 Januari 2024.


"Tuduhan-tuduhan yang sebagian besar dengan data bohong," tutur Dahnil.


Apa itu PT TMI?



PT TMI adalah perusahaan yang memiliki platform strategis untuk akuisisi teknologi inovatif guna meningkatkan sektor pertahanan dan keamanan nasional.


Perusahaan ini diketahui berlokasi di Jalan Letjen TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan.


PT TMI memiki empat produk yang diperdagangkan secara resmi, yakni istem pertahanan laut, udara, darat, serta inovasi dan teknologi.


PT TMI itu menyediakan manajemen teknologi militer dan penyedia solusi kebutuhan misi berbasis teknologi dan perangkat lunak.


Biasanya, PT TMI menerima perancangan alutsista untuk pertahanan negara, mengeksekusi kebijakan dan program pemerintah khususnya terkait Kementerian Pertahanan.


Sumber: Kilat

Penulis blog