HOT NEWS

KISAH Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

DEMOCRAZY.ID
Januari 04, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
KISAH Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

KISAH Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh


DEMOCRAZY.ID - Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Perayaan Imlek di berbagai negara pun digelar meriah dan menyenangkan termasuk di Indonesia.


Perayaan Imlek ini dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15. Tahun Baru Imlek terkadang dikenal juga sebagai Tet, Seollal, atau Tahun Baru China.


Namun, tahukah Anda, ada seorang prajurit elite TNI AL keturunan Tionghoa yang membuat tentara Inggris takjub akan perjuangannya saat konfrontasi RI-Malaysia.


Saat itu, Presiden Sukarno, tidak senang melihat Federasi Malaysia yang berambisi mencaplok Sabah, Sarawak, bahkan Brunei Darussalam, di Pulau Borneo atau Kalimantan bagian utara, berdampingan dengan wilayah NKRI.


Menurut Bung Karno, upaya pembentukan negara Federasi Malaysia dengan mengincar sebagian wilayah Kalimantan, adalah bentuk baru imperialisme yang berpotensi mengancam kedaulatan Indonesia.


Bung Karno pun mengobarkan seruan "Ganyang Malaysia". Atas perintah Bung Karno, pada Desember 1963, semua angkatan bersenjata dikerahkan ke perbatasan hingga masuk ke garis-garis pertahanan musuh.


Salah seorang pasukan elite TNI Angkatan Laut yang memiliki kemampuan infiltrasi (penyusupan) adalah KKO/Marinir. 


Serma KKO Djoni Matius Liem atau Djoni Liem yang memiliki senjata khusus mematikan dan memliki kemampuan bela diri Kungfu. 


Serma Djoni menjalani misi infiltrasi dan sabotase ke wilayah musuh. Namun, Djoni ditangkap pasukan Royal Army Inggris, di Malaysia.


Saat tertangkap, Djoni memakai nama samaran, Than Chin Guan. Nama dari guru kungfunya, berulang kali diinterogasi oleh tentara Malaysia dan Singapura. Dia disiksa, tapi tetap saja Djoni menutup rapat identitas aslinya.


Namun identitas aslinya pun terkuak sebagai prajurit KKO. Dia akhirnya divonis hukuman mati. Sebelum dieksekusi, adanya perubahan situasi (perdamaian), Djoni Liem dibebaskan dalam keadaan hidup dan menetap di Surabaya.


Serma KKO (Purn) Djoni Liem adalah seorang Purnawirawan TNI Angkatan Laut berdarah Tionghoa yang memiliki julukan "Semburan Mulut Berbisa" yang bisa meluncurkan jarum, mata kail pancing, silet dan beras dari mulutnya dengan jarak kurang lebih sekitar 30 meter.


Atas dedikasinya yang tinggi terhadap negara, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) memberikan Piagam Penghargaan kepada Serma KKO (Purn) Djoni Matius Liem.


"Menyampaikan ucapan berterima kasih dan sangat bangga kepada Serma KKO (Purn) Djoni Matius Liem yang telah memberikan jasa dan pengabdiannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI AL/Korps Marinir pada penugasan mulai operasi Dwikora, Trikora, PRRI/Permesta, DI/TII, RMS dan Operasi Seroja,”ujar Mayjen Suhartno.


Sumber: Okezone

Penulis blog