Heboh Food Estate Jokowi Dicap Gagal, Ini Daftar 12 Lokasinya - DEMOCRAZY News
EKBIS POLITIK

Heboh Food Estate Jokowi Dicap Gagal, Ini Daftar 12 Lokasinya

DEMOCRAZY.ID
Januari 24, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
POLITIK
Heboh Food Estate Jokowi Dicap Gagal, Ini Daftar 12 Lokasinya

Heboh Food Estate Jokowi Dicap Gagal, Ini Daftar 12 Lokasinya


DEMOCRAZY.ID - Food estate mendadak jadi sorotan akhir-akhir ini. Berawal dari kritikan-kritikan yang dilontarkan para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) bahkan sejak sebelum diumumkan jadi capres dan cawapres. 


Berulang kali, proyek ini disebut gagal. Bahkan, proyek ini disebut sebagai kejahatan lingkungan.


Lalu dalam debat Cawapres hari Minggu malam (21/1/2024), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud MD kompak mengkritik food estate yang merupakan proyek gagal dan merusak lingkungan. Setelah sebelumnya Cak Imin menyatakan bakal menghentikan proyek itu karena merugikan petani.


Seperti diketahui, food estate adalah proyek lumbung pangan yang kembali digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagai upaya perluasan lahan untuk meningkatkan cadangan pangan nasional.


Mengutip situs Setkab.go.id, pembangunan dan pengembangan food estate adalah salah satu upaya pemerintah menjawab kekhawatiran para pakar dan praktisi. 


Yang mengungkapkan permasalahan dan tantangan di sektor pertanian dan ketahanan pangan Indonesia adalah gangguan suplai bahan pangan, penurunan permintaan produk permintaan, ancaman krisis pangan, serta pembatasan lapangan produksi. 


Untuk  itu, pemerintah menyiapkan rencana antisipasi dalam RPJMN tahun 2020-2024, salah satunya dengan proyek food estate. Yang juga masuk dalam salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. 


Lalu ada di mana saja food estate dikembangkan?


Saat ini, proyek food estate digarap di sejumlah provinsi, yaitu Sumatra Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, NTT, Papua, dan Papua Selatan.


Food estate di Sumatra Utara ada di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbas). Food estate di kawasan ini difokuskan untuk pengembangan tanaman hortikultura, terutama bawang. 


Di Jawa Tengah, food estate ada di kabupaten Temanggung dan Wonosobo yang difokuskan untuk tanaman hortikultura. 


Kemudian di Jawa Barat dan Jawa Timur juga dikembangkan food estate, yakni di kabupaten Garut khusus untuk hortikultura dan di kabupaten Gresik khusus untuk mangga yang dirancang untuk pasar ekspor. 


Proyek food estate di Gresik ini dikombinasikan dengan intercropping jagung, kacang tanah, kacang hijau dan jeruk nipis, serta integrated farming jagung dengan sapi dan domba.


Food estate di Kalimantan Tengah dikembangkan di kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas yang difokuskan untuk pengembangan pertanian padi, kelapa genjah, dan peternakan bebek. 


Tak hanya itu, food estate juga dikembangkan di kabupaten Gunung Mas yang dikhususkan untuk pengembangan pertanian singkong dan jagung.


Lalu di Nusa Tenggara Timur (NTT), food estate digarap di kabupaten Sumba Tengah untuk pengembangan lumbung padi dan di kabupaten Belu untuk jagung.


Dan, di provinsi Papua, proyek food estate digarap di kabupaten Keerom, Papua dan kota Merauke di Papua Selatan. Kedua wilayah ini dikhususkan untuk pengembangan pertanian padi dan jagung. 


Sumber: CNBC

Penulis blog