ISLAMI

Dijuluki Wali Allah, Gus Dur Diyakini Dapat Meramal Hal-Hal Yang Melampui Zaman dan Kini Menjadi Kenyataan

DEMOCRAZY.ID
Januari 04, 2024
0 Komentar
Beranda
ISLAMI
Dijuluki Wali Allah, Gus Dur Diyakini Dapat Meramal Hal-Hal Yang Melampui Zaman dan Kini Menjadi Kenyataan

Dijuluki Wali Allah, Gus Dur Diyakini Dapat Meramal Hal-Hal Yang Melampui Zaman dan Kini Menjadi Kenyataan


DEMOCRAZY.ID - Kyai Haji Abdurrahman Wahid, atau yang kerap disapa Gus Dur, merupakan presiden RI ke-4 yang dikenal humoris serta humanis. Ia sering mengeluarkan celotehan yang mengundang gelak tawa orang banyak.


Dalam kepemimpinannya menjadi presiden Indonesia, Gus Dur juga salah satu presiden yang dikenal sangat toleransi terhadap agama lain. 


Ia bahkan menjadi presiden pertama yang menetapkan hari raya imlek dan nyepi menjadi menjadi hari libur nasional.


Oleh karena itu, Gus Dur juga tak jarang disebut sebagai bapak pluralisme dan sosok yang dapat menjaga kerukunan umat beragama Indonesia.


Walau terkenal humoris dan agamis dalam kepemimpinannya, Gus Dur juga memiliki segudang kontroversi, yakni membubarkan departemen penerangan dan departemen sosial,  mengancam pembubaran parlemen, dan tak kalah yang terkenal adalah ia mempunyai kebiasaan tidur saat rapat juga pertemuan penting kenegaraan.


Namun, di balik kontroversi itu semua Gus Dur mempunyai karomah yang luar biasa. Ia kerap memprediksi sesuatu hal yang mungkin di luar nalar orang banyak, prediksi yang melampaui zamannya.


Prediksi Gus Dur tersebut di masa kini banyak terbukti. Bahkan, Gus Dur juga pernah dijuluki sebagai Wali Allah ke-10 oleh Gus Yahya dalam salah satu kesempatan. Tak jarang omongan Gus Dur diyakini dan dianggap terbukti nyata di masa yang akan datang.


Dikutip dari Youtube Republik Mahasiswa pada tanggal 4 Januari 2024, inilah 3 ramalan Gus Dur yang menjadi kenyataan.


Jokowi Menjadi Presiden


Pada tahun 2006, Gus Dur berkata bahwa Joko Widodo, yang saat itu hanya menjabat sebagai Walikota Solo, akan menjadi presiden jika dikehendaki oleh rakyat. 


“Siapapun yang dikehendaki rakyat, termasuk pak Jokowi ini, kalau jadi walikota yang bagus kelak juga bisa menjadi presiden”, ujar Gus Dur.


Perkataan ini terbukti benar ketika Jokowi terpilih sebagai Presiden Indonesia pada pemilu tahun 2014.


Pelengseran Soeharto


Gus Dur pernah bercerita kepada Kiai H. Bukhori bahwa Soeharto akan turun dari jabatannya sebagai Presiden Indonesia.


 Meskipun pada saat itu terdengar sulit dipercaya mengingat kekuatan politik dan militer Soeharto, prediksi Gus Dur terbukti benar satu tahun setelahnya.


DPR Seperti Taman Kanak-Kanak


Dengan gaya khasnya, Gus Dur menyebut DPR seperti taman kanak-kanak. 


Semua orang tahu sudah sejak dahulu hubungan Gus Dur yang para DPR kurang bersahabat, Gus Dur menganggap kinerja DPR hanya membuang-buang uang rakyat. 


Meski awalnya banyak yang tersindir, melihat keadaan DPR saat ini yang seringkali mirip taman bermain anak-anak, pernyataan Gus Dur menjadi cukup relevan, terutama di masa kini banyak para DPR yang sering mengeluarkan kebijakan kontroversi dan juga sikap kurang terpuji.


Demikian prediksi atau ramalan Gus Dur yang menjadi kenyataan di masa kini.


Sumber: HOPS

Penulis blog