HOT NEWS HUKUM POLITIK

DERETAN Fakta Isu Pemakzulan Jokowi, Siapa Yang Memulai?

DEMOCRAZY.ID
Januari 14, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
HUKUM
POLITIK
DERETAN Fakta Isu Pemakzulan Jokowi, Siapa Yang Memulai?

DERETAN Fakta Isu Pemakzulan Jokowi, Siapa Yang Memulai?


DEMOCRAZY.ID - Isu pemakzulan Presiden Joko Widodo mencuat setelah sejumlah tokoh yang menamakan Petisi 100 meminta pendapat Menkopolhukam Mahfud MD memakzulkan Jokowi.


Berikut beberapa fakta tentang isu pemakzulan Jokowi.


1. Siapa pemicu isu pemakzulan?


Isu pemakzulan Presiden Joko Widodo telah muncul sejak Oktober 2023. Saat itu Jokowi disebut mendorong putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka untuk maju menjadi calon wakil presiden, mendampingi Prabowo.


Hal ini membuat Politikus PKS, Mardani Ali Sera, membuka opsi pemakzulan terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi jika dugaan cawe-cawe atau campur tangan dalam Pilpres 2024 terbukti. 


"Kalau jadi dan faktanya verified, pemakzulan bisa menjadi salah satu opsi," kata Mardani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.


Namun pada awal 2024 ini isu pemakzulan kembali mencuat setelah sejumlah tokoh yang menamakan Petisi 100 mendatangi Menkopolhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, pada Selasa, 9 Januari 2024 lalu. Mereka meminta Mahfud memakzulkan Jokowi.


Mahfud MD mengatakan, ada 22 orang yang mendatangi dirinya. Mereka di antaranya yaitu Faizal Assegaf, Marwan Batubara, dan Letnan Jenderal TNI Marsekal Purn Suharto. Selain perihal pemakzulan, kedatangan mereka juga untuk melaporkan dugaan kecurangan Pemilu 2024.


2. Tanggapan Puan Maharani


Menanggapi isu pemakzulan Jokowi, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta semua pihak menjalani konstitusi sesuai aturan yang ada. 


“Kita jalankan konstitusi sesuai dengan aturan yang ada. Aspirasi silakan disampaikan,” ujar Puan saat ditemui wartawan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, seusai meresmikan GOR Bung Karno, Kamis, 11 Januari 2024.


3. Tanggapan Istana


Mencuatnya isu pemakzulan presiden membuat istana angkat bicara. Melalui Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Ia mengatakan isu mengenai pemakzulan Presiden Joko Widodo adalah mimpi politik. 


Istana menerima kritik terhadap Presiden Jokowi, namun mengingatkan ada pihak yang mengambil kesempatan menjelang pemilu 2024.


“Dalam negara demokrasi, menyampaikan pendapat, kritik atau bahkan punya mimpi-mimpi politik adalah sah-sah saja. Apalagi saat ini kita tengah memasuki tahun politik, pasti ada saja pihak-pihak yang mengambil kesempatan gunakan narasi pemakzulan presiden untuk kepentingan politik elektoral,” kata Ari saat dihubungi Tempo pada Jumat, 12 Januari 2024.


Sumber: Tempo

Penulis blog