ISLAMI

5 Tanda Kiamat Yang SudahTerjadi Saat Ini

DEMOCRAZY.ID
Januari 05, 2024
0 Komentar
Beranda
ISLAMI
5 Tanda Kiamat Yang SudahTerjadi Saat Ini

5 Tanda Kiamat Yang SudahTerjadi Saat Ini


DEMOCRAZY.ID - KIAMAT pasti terjadi. Bahkan bagi seorang Muslim, percaya pada hari kiamat termasuk pada rukun iman. 


Artinya orang yang tidak percaya dengan kiamat maka ia tidak beriman. Adapun kapan terjadinya kiamat tak ada satu makhluk pun yang tahu kecuali Allah SWT. 


Namun Allah SWT melalui Nabi Muhammad ï·º sudah memberikan ciri-ciri dan perincian bagaimana kiamat akan terjadi. Ada beberapa tanda kiamat yang sudah terjadi.


Bahkan beberapa ciri kiamat sudah bisa kita saksikan saat ini. Berikut adalah tanda-tanda kiamat yang ada di sekeliling kita dan sudah terjadi:


1. Alquran Dianggap Seruling


Rasululah ï·º bersabda: “Bersegeralah kamu melakukan amal shalih sebelum datang enam perkara : pemerintahan orang orang jahil, banyaknya polisi, jual beli hukum atau jabatan, memandang remeh terhadap darah, pemutusan silaturrahim, adanya manusia yang menjadikan Alquran sebagai seruling di mana mereka menunjuk seorang imam untuk shalat jamaah agar ia dapat mendengarkan keindahannya dalam membaca Alquran meskipun ia paling sedikit ke-faqihannya,” Musnad Ahmad, At Thabrani, Ash Shaihhah Al Bani 979.


2. Menggembungnya Bulan


Telah bersabda Rasulullah ï·º : “Di antara sudah mendekatnya kiamat ialah menggembungnya bulan sabit (awal bulan),” dishahihkan AlBaani di Ash Shahihah nomor 2292. 


Dalam riwayat yang lain dikatakan “Di antara sudah dekatnya hari kiamat ialah bahwa orang akan melihat bulan sabit seperti sebelumnya, maka orang akan mengatakan satu bentuk darinya untuk dua malam dan masjid akan dijadikan tempat untuk jalan jalan serta banyaknya orang yang mati mendadak,” (Ash Shahiihah AlBani 2292).


Sekarang ini, satu bulan sabit hampir selalu dihitung dua kali. Tentu kita masih ingat, bahwa umat Islam hampir selalu bertengkar menentukan bulan sabit untuk Ramadhan, Syawal dan Idhul adha. Antara ru’yat tidak sama dengan hisab.


3. Tersebarnya Banyak Pasar


Rasulullah ï·º bersabda: “Kiamat hampir akan terjadi apabila sudah banyak perbuatan bohong, masa (waktu) akan terasa cepat berlalu, dan pasar pasar akan berdekatan (jaraknya karena saking banyaknya),” (sahih Ibnu Hibban).


Lihatlah sekarang, pasar ada di mana-mana. Mall semakin banyak, supermarket di mana-mana, banyak mart yang masuk sampai ke pelosok desa, bahkan kini mall sudah masuk ke setiap rumah dan ada di genggaman banyak orang, apalagi kalau bukan online shop.


4. Manusia Akan Bermegah-Megah Dalam Membangun Masjid


Rasulullah ï·º bersabda “Tidak akan terjadi kiamat hingga manusia berbangga bangga dengan masjid,” (hadist sahih musnad Ahmad 3:134,145, An Nasa’i 2:32, Abu Dawud 449,Ibnu Majah 779). 


Padahal Rasulullah ï·º di lain tempat berkata “Aku tidak diutus untuk menjulangkan masjid-masjid,” (sahih sunan Abu Dawud : 448).


5. Wanita Ikut Bekerja Seperti Laki-Laki


Rasulullah ï·º bersabda: “Pada pintu gerbang kiamat, orang-orang hanya akan mengucapkan salam kepada orang yang khusus(dikenal) saja, dan berkembangnya perniagaan sehingga wanita ikut seperti suaminya (bekerja/berdagang).” (HR. Ahmad)


Sekarang karena emansipasi wanita, wanita yang bekerja sudah banyak dan bisa kita temui dimana-mana. Anak diurus oleh mertua atau pembantu. 


Sumber: IslamPos

Penulis blog