Ramai Isu Prabowo Keturunan China, Rahayu Saraswati Ungkap Fakta: Saya Juga... - DEMOCRAZY News
HOT NEWS POLITIK

Ramai Isu Prabowo Keturunan China, Rahayu Saraswati Ungkap Fakta: Saya Juga...

DEMOCRAZY.ID
Desember 19, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
Ramai Isu Prabowo Keturunan China, Rahayu Saraswati Ungkap Fakta: Saya Juga...

Ramai Isu Prabowo Keturunan China, Rahayu Saraswati Ungkap Fakta: Saya Juga...


DEMOCRAZY.ID - Prabowo Subianto sebagai tokoh politik yang kerap jadi pusat perhatian, pernah menjadi sorotan lantaran berita yang menyebar mengenai dugaan bahwa dirinya memiliki keturunan China.


Berita soal Prabowo keturunan China tersebut tidak dapat dipungkiri memicu perdebatan di masyarakat, terutama di tengah dinamika politik yang cenderung kompleks.


Namun, perlu dicatat bahwa tuduhan terhadap keturunan China Prabowo Subianto tidak memiliki dasar yang kuat.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rahayu Saraswati keponakan dari Prabowo Subianto.


Dikutip dari akun YouTube Macan Idealis pada Selasa 19 Desember 2023, dalam wawancaranya Rahayu Saraswati membantah tudingan bahwa Prabowo Subianto ada keturunan China.


“Saya aja sampai sekarang ga tahu China nya dari mana, kalo beliau (ayah Prabowo) kan ini dari Banyumas,” Kata Rahayu Saraswati.


Dalam paparanya, Rahayu Saraswati menyampaikan bahwa ayahnya sendiri dan Prabowo Subianto berdarah Manado dan Banyumas.


“Jadi kalo Pak Prabowo itu kaya ayah saya setengah Manado stengah Banyumas,” ucapnya.


“Ayah saya justru jauh lebih sipit dibanding Pak Prabowo,” sambungnya.


Rahayu Saraswati meyakini bahwa bermata kecil atau sipit itu dari keturunan Manado.


“Saya juga sangat sipit ya, tapi ini kayanya dari manadonya gitu loh, jadi dari keluarga sigar kami, yaitu banyak dari keluarga kami yang keliatan kaya china,” ujarnya.


“Kita ga ada bukti, karena jaman dulu susah ga ada recording silsilah,” lanjutnya.


Prabowo lahir dari keluarga yang memiliki latar belakang bangsawan Jawa dan ayahnya Prof Dr Soemitro Djojohadikoesoemo merupakan seorang ekonom dan politikus yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.


Ia dikenal memiliki murid yang banyak berhasil menjadi menteri pada era Presiden Soeharto, seperti JB Sumarlin, Ali Wardhana, dan Widjojo Nitisastro.


Dengan demikian, klaim mengenai keturunan China dapat dipastikan tidak benar dan hanya merupakan isu yang dimanfaatkan dalam konteks politik.


Tudingan tersebut lebih cenderung merupakan upaya untuk menciptakan narasi negatif terhadap Prabowo, tanpa didasarkan pada fakta sejarah dan latar belakang keluarganya yang sebenarnya.


Diketahui Prabowo Subianto kakenya Margono Djojohadikusumo merupakan pendiri dari Bank Negara Indonesia pemimpin pertama Dewan Pertimbangan Agung Sementara dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. 



[Democrazy/Hops]

Penulis blog