POLITIK

Mengganggu Kenyamanan! Warganet Ini Lepas Stiker Kampanye Caleg di Bus Transjakarta yang Ditumpanginya

DEMOCRAZY.ID
Desember 05, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Mengganggu Kenyamanan! Warganet Ini Lepas Stiker Kampanye Caleg di Bus Transjakarta yang Ditumpanginya

Mengganggu Kenyamanan! Warganet Ini Lepas Stiker Kampanye Caleg di Bus Transjakarta yang Ditumpanginya


DEMOCRAZY.ID - Musim kampanye menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sedang berlangsung. Suasana meriah menjangkiti masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan.


Sejumlah pihak yang terdaftar sebagai peserta pemilu, dengan caranya masing-masing, melakukan kampanye untuk menjaring pemilih.


Tak terkecuali salah satu Calon Legislatif (caleg) asal Partai Ummat ini. Terdapat salah satu kader Partai Ummat yang lakukan kampanye dengan menempelkan stiker dirinya pada bus Transjakarta.


Jelas aksinya mengganggu kenyamanan pengguna bus. Seperti yang diungkap oleh Rafendra Aditya dalam unggahannya pada akun media sosial X miliknya terkait dengan kampanye seorang caleg.


“Halo PT Transjakarta! Saya bantu melepas stiker kampanye caleg di bus kalian,” cuit @rafenditya seperti dikutip pada 4 Desember 2023.


“Sebelumnya sudah ada yg komplain, entah ini bus yg sama atau beda. Kalau bisa cari pelakunya di CCTV!” lanjutnya menambahkan.


Dirinya juga mengungkapkan sejumlah stiker milik kader Partai Ummat yang terdaftar sebagai caleg pada beberapa kursi bus lainnya.


“Tertempel di 3 kursi sekaligus, tolong ya DPP Partai Ummat, ini kader kalian atau buaya lepas?” tanyanya dengan nada bercanda.


Ia juga menambahkan daripada sekedar komplain kepada operator bus, dirinya lebih baik langsung melepas stiker yang mengganggu kenyamanannya.


“Gue kira daripada cuma komplain mending saya sekalian lepas ya walaupun hasilnya robek2 daripada penumpang lain terus2an nampak tuh muka caleg,” akhir dari cuitannya @rafenditya.


Upaya yang dilakukan oleh Rafendra mendapat banyak tanggapan, termasuk dari akun media sosial PT Transjakarta.


“Hai kak, terima kasih atas informasinya. mohon info nomor body dan rute tujuan. Terima kasih,” ujar admin @PT_Transjakarta.


“Rute 6A dan 6B, nomor bus gak sempat saya dokumentasikan. Mendingan kalian bebersih seluruh unit aja,” jawab @rafenditya.


Banyak warganet lain mendukung aksi lepas stiker ini.


“Mantap, mas! Lanjutkan,” dukung @irhamsyarif. “Lanjutkan!!!” dukung @rio_son_of_odin.


Lalu ada pula yang pernah alami hal serupa pada kepunyaan milik pribadi.


“Dulu pernah ada yg nempel stiker beginian, DI KAP MESIN MOBIL GUE,” ungkap @ichieira.


“Stiker begini tuh nyampah banget, susah bersihinnya, kesel woe dulu di pintu toko selalu ditempelin ginian sama orang asing,” ujar @amoeeebaaa.


Aturan mengenai penyebaran atribut kampanye telah diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Di dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 Pasal 31 ayat (2) menjelaskan bahwa stiker sebagai bahan kampanye dilarang ditempel di tempat umum. 



[Democrazy/Kilat]

Penulis blog