Gibran Sebut Aneh, Mahfud Terkejut, Ini Penjelasan Cak Imin Soal Gagasan Bangun 40 Kota Setara Jakarta - DEMOCRAZY News
POLITIK

Gibran Sebut Aneh, Mahfud Terkejut, Ini Penjelasan Cak Imin Soal Gagasan Bangun 40 Kota Setara Jakarta

DEMOCRAZY.ID
Desember 22, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Gibran Sebut Aneh, Mahfud Terkejut, Ini Penjelasan Cak Imin Soal Gagasan Bangun 40 Kota Setara Jakarta

Gibran Sebut Aneh, Mahfud Terkejut, Ini Penjelasan Cak Imin Soal Gagasan Bangun 40 Kota Setara Jakarta


DEMOCRAZY.ID - Gagasan Pasangan Calon (Paslon) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Amin) soal rencananya membangun 40 kota setaea Jakarta dipertanyakan.


Dua Calon Wakil Presiden (Cawapres), Gibran Rakabuming dan Mahfud MD menanyakan gagasan itu. Saat debat Cawapres yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023).


Gibran menyebut Cak Imin aneh. Karena menolak Ibu Kota Nusantara (IKN) tapi di sisi lain mengusul pembangunan 40 kota setara Jakarta.


“Gus Muhaimin ini agak aneh yah, pengen buat kota setara Jakarta tapi tidak setuju IKN. Tapi tidak apa-apa,” kata Gibran.


Sementara itu, Mahfud mengatakan gagasan Amin mengejutkan bagunya. Ia menanyakan dari mana biaya dan waktu pembangunannya.


“Saya agak kaget juga, (Amin) ingin membangun 40 kota selevel Jakarta,” ujar Mahfud.


“40 luar biasa menurut saya. Selevel Jakarta yang metropolitan seperti itu,” tambahnya.


Menjawab hal itu, Cak Imin mengatakan 40 kota itu niatannyabtak dibangun dari awal. Tapi pengembangan kota yang sudah ada.


“Yah, yang saya sampaikan seperti Jakarta itu memiliki standar upaya menuju Jakarta. Dimana tentu kota-kota yang potensial cukup disentuh dengan anggaran yang menunmubuh kembangkan,” jelasnya.


Ia mencontohkan Pontianak. Menurutnya, APBN cukup untuk sumber dana jika jumlahnya hanya Rp5 miliar.


“Misalnya Pontianak, satu tahun cuma Rp1 triliun. Bagaimana kalau kita dalam serahun kita investasikan pembangunan kota hingga Rp3 triliun, Rp5 triliun, APBN kita cukup,” terangnya.


Soal pembiayaan, ia bilang ada pilihan lain selain APBN. Yakni swasta maupun CSR.


“Jadi apa yang saya sampaikan selevel Jakarta itu target utama, yang lebih penting dari itu adalah infrastruktur yang dibutuhkan dipersiapkan,” tandasnya. [Democrazy/Fajar]

Penulis blog