HOT NEWS

Tak Banyak Yang Tahu, Inilah Ratu Belanda Yang Tidak Mau Jika Indonesia Merdeka, Alasannya Bikin Geleng Kepala

DEMOCRAZY.ID
November 04, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Tak Banyak Yang Tahu, Inilah Ratu Belanda Yang Tidak Mau Jika Indonesia Merdeka, Alasannya Bikin Geleng Kepala



DEMOCRAZY.ID - Sebelum berhasil meraih kemerdekaan, Indonesia terlebih dahulu dijajah oleh beberapa negara, salah satunya adalah Belanda.


Dikatakan bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Jika dihitung mundur dari waktu Indonesia merdeka yakni tahun 1945, maka bisa disimpulkan bahwa penjajahan dilakukan pertama kali pada tahun 1595.


Kendati demikian, ada banyak ahli hukum yang mengatakan bahwa Belanda tidak menjajah Indonesia selama 350 tahun melainkan hanya 40-50 tahun saja.


Ketika di bawah penjajahan Negeri Kincir Angin, rakyat Indonesia mendapatkan banyak siksaan dan merasakan kekejaman dari pemerintah kolonial.


Akibatnya, banyak rakyat pribumi yang melakukan pemberontakan hingga terjadilah peperangan di beberapa wilayah di Indonesia.


Satu per satu muncul lah seseorang yang disebut sebagai pahlawan yang rela mempertaruhkan nyawanya demi negara tercinta.


Pada akhirnya, dengan perjuangan yang sangat panjang dan berkat pengorbanan para pahlawan, Indonesia bisa meraih kemerdekaan dan bebas dari penjajahan dari negara lain.


Namun, tahukah kamu bahwa ada satu ratu yang tidak ikhlas jika Indonesia merdeka. Dia adalah Ratu Belanda bernama Wilhelmina.


Dikutip dari kanal Youtube Orang Intropreet pada Sabtu, 4 November 2023, dikisahkan bahwa sang Ratu memiliki alasan tersendiri mengapa ia tidak ikhlas jika Indonesia merdeka.


"Alasannya tentu saja karena Indonesia merupakan sumber utama perekonomian bangsanya," kata narator.


Tak hanya itu, Belanda juga sudah banyak melakukan pembangunan berupa jembatan, bendungan, rel kereta api, dan sebagainya yang masih digunakan hingga sampai saat ini.


"Selain itu, Belanda sudah banyak menginvestasikan pembangunan di Indonesia seperti gedung yang kokoh, saluran irigasi, jalan, jalur lintasan rel kereta api yang sebagian besar masih bisa digunakan sampai saat ini," sambung narator.


Pada tahun 1945, Belanda mengalami keterpurukan ekonomi akibat Perang Dunia II yang menyebabkan Ratu Belanda merasa kesulitan.


Ia berpikir bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi keterpurukan ekonomi tersebut adalah dengan menjajah Indonesia kembali karena memiliki sumber kekayaan alam.


Namun, di tahun itu pula, Presiden pertama Indonesia memproklamasikan kemerdekaan sehingga Ratu Wilhelmina semakin murka.


Tanpa berpikir panjang, sang Ratu Belanda kemudian mengirimkan pasukannya lagi untuk menduduki beberapa wilayah Indonesia.


"Tidak terima, Ratu Wilhelmina mengirimkan pasukan untuk menduduki Indonesia kembali secara paksa," ucap narator.


Sayangnya, apa yang diperintahkan oleh Ratu Wilhelmina rupanya tak membuahkan hasil. Belanda tidak bisa menjajah Indonesia kembali sampai saat ini. [Democrazy/Hops]

Penulis blog