POLITIK

Mencengangkan! Perangkat Desa Buka-Bukaan : Ada Capres Beri Uang Transportasi Rp 1 Juta Tiap Pertemuan

DEMOCRAZY.ID
November 20, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Mencengangkan! Perangkat Desa Buka-Bukaan : Ada Capres Beri Uang Transportasi Rp 1 Juta Tiap Pertemuan



DEMOCRAZY.ID - Perangkat desa mengungkap para Paslon Capres-Cawapres mendekati perangkat desa menjelang pemilu 2024. 


Bahkan, ada salah satu pasangan calon yang memberikan uang kepada perangkat desa untuk meminta dukungan.


Hal tersebut disampaikan Koordinator Nasional Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas dalam acara silaturahmi nasional perangkat desa di Indonesia Arena, GBK, Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2023). 


Mulanya dia menjelaskan kegiatan yang dilakukan hari ini bukan sebagai bentuk kampanye dan deklarasi dukungan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


Namun demikian, perangkat desa mendukung Prabowo-Gibran karena dinilai bisa mengakomodir keinginan para perangkat desa. 


Setelahnya, dia mengungkap semua Paslon capres-cawapres mendekati perangkat desa untuk meminta dukungan di Pilpres 2024 mendatang.


"Kan ini bukan kampanye, ini kan silahturahmi nasional desa. Jadi gini, teman-teman ya. Udahlah, partai-partai politik di luar sana, calon-calon lain jangan menyudutkan perangkat desa dan kepala desa. Karena kami juga tahu kan. Ada di sebelah yang, semua berusaha mendekat kami. Semua ingin bergabung kami bergabung dengan mereka," kata Asri Annas di lokasi, Minggu (19/11/2023).


Asri Annas selanjutnya mengatakan, ada salah satu calon presiden yang memberikan uang transportasi Rp 1 juta kepada perangkat desa dalam sekali pertemuan meminta dukungan. Perangkat desa, lanjut dia, juga diminta membuat video dukungan.


Namun dia tak merinci capres mana yang dimaksud tersebut. Namun dia memastikan perangkat desa menolak permintaan dukungan dari capres tersebut.


"Bahkan mohon maaf, ada Capres yang membiayai fasilitasi kepala desa, transportasi Rp 1 juta tiap satu pertemuan kalau teman teman butuh video ada juga video. Dimana pendamping desa itu wajib, membuat video dukungan ke Capres dan Partai tentunya, pendamping sama. Kami tidak mau seperti dilakukan," ujarnya.


Perangkat Desa Putuskan Dukung Prabowo-Gibran


Asri Annas mengatakan perangkat desa mendukung pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. 


Sebab, kata dia, Prabowo-Gibran lah yang dirasa bisa mewujudkan keinginan para asosiasi perangkat desa dari seluruh Indonesia. Mulai dari dana desa Rp 5 miliar hingga memperbaiki kesejahteraan perangkat desa.


"Ada beberapa poin yang penting yang kami berharap bisa diakomodir ke depan. Pertama adalah reformasi tata kelola desa, kemudian kedua dana desa Rp 5 miliar bersifat afirmatif, kemudian evaluasi pendamping desa. Ketiga adalah memperbaiki kesejahteraan perangkat desa, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan seluruh instrumen organisasi yang ikut mendukung pemerintah," kata dia.


"Poin-poin ini kelihatannya bapak Prabowo dan mas Gibran yang sedikit mau merespon. Buat kami, kami tidak terlalu peduli dengan janji-janji capres, kami lebih peduli pada siapa yang mau peduli dengan desa," imbuhnya.


Selain itu, Asri Annas juga menyebut Prabowo-Gibran dinilai bisa melanjutkan beberapa pencapaian yang sudah diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama menjabat sebagai Presiden RI 9 tahun.


Asri Annas menyebut pihaknya sudah berkomunikasi juga dengan kedua Paslon lainnya yakni Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud Md. Namun yang diundang ke acara silaturahmi Nasional hanya pasangan Prabowo-Gibran.


"Sebenernya kita udah berkomunikasi, dan kalau teman-teman lihat jejak digital awalnya bahkan saya kemarin memberikan support dukungan penuh kepada Anies Baswedan kan. Acara di Bandung desa bersatu kan itu kami. Saya buat itu," kata dia.


"Tapi buat kami siapa yang kemudian mau benar-benar mengakomodir kepentingan desa, ya buat kita, ada di situ. Jadi ngga penting untuk menghadirkan semua. Yang kita butuhkan adalah siapa yg mau mengakomodir. Dalam pandangan kami, rasanya bapak Prabowo dan mas Gibran mengakomodir," imbuhnya. [Democrazy/Detik]

Penulis blog