HOT NEWS

Hamas Bela Palestina Lawan Israel: Negara-Negara Tetangga Tidak Bantu, Ternyata Hal Ini Yang Mereka Takutkan

DEMOCRAZY.ID
November 06, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Hamas Bela Palestina Lawan Israel: Negara-Negara Tetangga Tidak Bantu, Ternyata Hal Ini Yang Mereka Takutkan



DEMOCRAZY.ID - Hamas saat ini sedang perang besar dengan Israel. Itu dimulai setelah kelompok perlawanan Palestina di Gaza tersebut meluncurkan serangan mengejutkan bernama Operasi Badai al-Aqsa terhadap Israel.


Merespons hal tersebut Israel mendeklarasikan perang dengan nama Operasi Pedang Besi. Operasi tersebut membombardir Gaza di Palestina dengan jet-jet tempur dan artileri Zionis nyaris tanpa henti.


Palestina memiliki dua negara tetangga, yaitu Yordania yang berbatasan langsung dengan tepi Barat di sebelah Timur dan selatan, dan Mesir yang berbatasan dengan Jalur Gaza di sebelah Barat.


Namun dua negara ini tak membantu Hamas dalam melawan Israel, dan inilah alasan mengapa mereka tidak membantu Hamas.


1. Kepentingan keamanan wilayah sendiri


Negara Mesir dan Yordania lebih fokus pada menjaga keamanan dan stabilitas wilayah mereka masing-masing.


Mereka khawatir jika memberi dukungan kepada Hamas akan mengganggu stabilitas regional dan mengancam keamanan negara mereka.


2. Perbedaan politik dan ideologis


Keduanya mendukung pendekatan diplomatik dan perdamaian, sedangkan Hamas menggunakan taktik perlawanan bersenjata. Yordania dan Mesir tidak setuju dengan ideologi tersebut.


3. Hubungan diplomatik dengan Israel


Dalam beberapa tahun terakhir Yordania dan Mesir telah memperbaiki hubungan diplomatik dengan Israel.


Karena hal tersebut memungkinkan mereka memiliki kepentingan dalam mempertahankan hubungan untuk kepentingan ekonomi dan politik mereka, dan hal itu mungkin bertentangan dengan memberikan dukungan terhadap Hamas.


4. Kepentingan Regional


Yordania dan Mesir memiliki persaingan regional dengan Iran, yang memberikan dukungan kepada Hamas.


Mereka juga memiliki perbedaan pendekatan dalam konflik Israel-Palestina, dengan lebih mendukung pendekatan diplomatik dan perdamaian daripada taktik perlawanan bersenjata yang dianut Hamas.


5. Tekanan Nasional


Yordania dan Mesir memiliki persaingan regional dengan Iran, yang telah memberikan dukungan kepada Hamas. 


Oleh karena itu, mereka kemungkinan tidak ingin mendukung Hamas karena khawatir akan memperkuat pengaruh Iran di kawasan tersebut.


Kemungkinan mereka takut akan reaksi internasional dan sanksi ekonomi yang membuat mereka menghindari dukungan terbuka terhadap Hamas. [Democrazy/PojokSatu]

Penulis blog