POLITIK

Gelar Unjuk Rasa Tolak Politik Dinasti, BEM Soloraya: Jokowi Gagal Jadi Kepala Negara!

DEMOCRAZY.ID
November 03, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Gelar Unjuk Rasa Tolak Politik Dinasti, BEM Soloraya: Jokowi Gagal Jadi Kepala Negara!



DEMOCRAZY.ID - Sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Solo Raya Menggugat menggelar aksi di Bundaran Gladak, Kota Solo. Dalam aksi itu mereka memberikan penilaian 9 tahun kepimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Aksi tersebut dihadiri sejumlah BEM dari kampus UNS, UNISRI, UNIBA, IIM Solo, dan KMII. Mereka melakukan orasi di belakang patung Slamet Riyadi. 


Sejumlah poster juga dibentangkan dengan tulisan 'KABINET INDONESIA MUNDUR', 'EVALUASI REZIM 9 TAHUN JOKOWI', dan 'REFORMASI DIKEBIRI'.


Presiden BEM UNS Hilmi Ash Shidiqi mengatakan, salah satu permasalahan yang disoroti mahasiswa mengenai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) perihal batas usia Capres Cawapres. 


Putusan, itu memuluskan langkah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawapres 2024.


"Kita menyuarakan penolakan politik dinasti, putusan MK, dan juga kinerja dari Presiden Jokowi, yang kita nilai gagal dalam menjalankan perannya sebagai kepala negara," kata Hilmi kepada awak media, Jumat (3/11/2023).


Terkait politik dinasti, Hilmi menilai, Jokowi berhasil mengantarkan anaknya menjadi Wali Kota Solo, dan Ketua Umum Partai, serta mantunya sebagai Wali Kota Medan. Sementara di Pilpres ini, Gibran juga dicalonkan menjadi Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju.


"Pak Jokowi harus mengetahui kalau Indonesia adalah negara hukum, buka kekuasaan. Jangan gunakan hukum untuk memperawet kekuasaan, dan jangan gunakan kekuasaan untuk mengotak-atik hukum," ucapnya.


Selain itu, ada 13 poin yang menjadi catatan dalam 9 tahun kepimpinan Presiden Jokowi. Catatan itu akan mereka kirimkan ke Kantor Staf Presiden (KSP).


"Rencana aspirasi ini akan kami kirimkan ke Istana, harapannya bisa diterima KSP," pungkasnya.


Berikut 13 poin catatan mahasiwa:


  1. Mewujudkan Pendidikan yang Demokratis dan Ilmiah
  2. Reformasi Hukum
  3. Berantas KKN
  4. Tolak Dwifungsi TNI dan Polri
  5. Akuntabilitas dan Ekualitas Layanan Kesehatan
  6. Represivitas Aparat
  7. PSN (Proyek Strategis Nasional)
  8. Wujudkan Pemilu yang Adil dan Bersih
  9. Lingkungan
  10. HAM Berat
  11. Pemerataan Pembangunan Berdasarkan HAM
  12. Sistem Pertanian Indonesia
  13. Perekonomian

Penulis blog