POLITIK

Tenangkan Prabowo, Gibran Dianggap Pede Maju Pilpres Dengan 'Modal' Jokowi

DEMOCRAZY.ID
Oktober 26, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Tenangkan Prabowo, Gibran Dianggap Pede Maju Pilpres Dengan 'Modal' Jokowi



DEMOCRAZY.ID - Lontaran kalimat putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka yang berupaya menenangkan Prabowo Subianto di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (25/10/2023) menyita perhatian banyak pihak. 


Kalimat ini dinilai tidak terlepas dari upaya Gibran muncul sebagai sosok penyelamat bagi Prabowo selaku bakal calon presiden (bacapres) dan Koalisi Indonesia Maju.


"Gibran sadar betul bahwa keberadaannya amat dibutuhkan oleh Prabowo dan koalisi pendukungnya. Sehingga alam bawah sadarnya, mendorong dia untuk mengatakan 'Tenang saja Pak Prabowo saya sudah di sini'," kata Pakar Politik dari Universitas Andalas, Aidinil Zetra saat dihubungi di Jakarta, Rabu (25/10/2023).


Aidinil menjelaskan, Gibran yang berstatus bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tentu menyadari dirinya sebagai anak presiden yang masih aktif dan menguasai fitur-fitur kekuasaan dengan berbagai sumber daya publik. 


Semua hal itu diyakini akan menjadi "modal" yang digerakkan untuk mendapatkan dukungan dari publik.


"Kondisi ini, tentu juga disadari oleh PDIP. Maka tidak heran kalau PDIP bersikap hati-hati dalam bertindak dan merespons, pencalonan Gibran oleh Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju," terang Aidinil.


Di sisi lain, ujar dia melanjutkan,  Prabowo bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM), sengaja memosisikan Gibran Rakabuming Raka sebagai simbol dari Presiden Jokowi. Tujuannya, untuk mendapatkan dukungan suara dari para loyalis Jokowi.


" (Loyalis Jokowi) sampai saat ini masih memiliki tingkat kepuasan yang relatif tinggi terhadap kinerja Jokowi," ucap Aidinil.


Oleh karena itu, dengan adanya Gibran, Prabowo berharap suara dari loyalis Jokowi pada pemilu 2019 berpindah ke pasangan Prabowo-Gibran.


"Sementara dari hasil survei sebelumnya menunjukkan bahwa para loyalis Jokowi ini, lebih banyak berpindah ke Ganjar (60 persen) ketimbang Prabowo (sekitar 20  persen). Itulah sebabnya Gibran lebih ditonjolkan di dalam koalisi ini," ujarnya.


Diketahui, deklarasi pasangan bacapres Prabowo Subianto dan bacawapres Gibran Rakabuming Raka berlangsung di Indonesia Arena, GBK, Rabu pagi.


Selain Prabowo, Gibran turut memberi sambutan dalam acara tersebut. Pria yang masih berusia 36 tahun ini langsung mengambil alih panggung dan menyapa para relawan usai Prabowo memberikan sambutannya.


Gibran tersenyum lebar. Hal ini disambut tepuk tangan para relawan. Bahkan gemuruh suara tepuk tangan tidak berhenti hingga akhirnya Gibran mengangkat tangannya untuk memberikan kode ke relawan.


Setelah tepuk tangan relawan berhenti, Gibran langsung mengarahkan senyum ke Prabowo seraya menyapa Prabowo. 


"Pak Prabowo tenang saja, saya sudah ada disini," kata Gibran disambut tepuk tangan seluruh relawan. [Democrazy/Inilah]

Penulis blog