EKBIS

Tanggapi Pidato Megawati, Rizal Ramli: 9 Tahun Jokowi Hanya Selfie, Impor Tinggi-Petani Makin Miskin!

DEMOCRAZY.ID
Oktober 02, 2023
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Tanggapi Pidato Megawati, Rizal Ramli: 9 Tahun Jokowi Hanya Selfie, Impor Tinggi-Petani Makin Miskin!



DEMOCRAZY.ID - Ekonom, Dr. Rizal Ramli menyoroti pidato Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang mengangkat narasi kedaulatan pangan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI-P yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (29/9/2023).


Dalam pidatonya,  Megawati menegaskan Indonesia Indonesia mampu berdikari atau berdaulat terkait pangan. 


Pidato Megawati pun diapresiasi Rizal Ramli. Hanya saja, semangat yang disampaikan Megawati hanya angan-angan.


Sebab, swasembada pangan yang sebelumnya menjadi janji politik Jokowi ketika maju Pilpres 9 tahun silam belum terbukti nyata. 


Hal tersebut disampaikan Rizal Ramli lewat status twitternya @RamliRizal pada Sabtu (30/9/2023). Dalam postingannya, dirinya menilai pidato Megawati sangat bagus.


Hanya saja, harapan yang disampaikan Megawati sangat terlambat. Sebab, selama hampir 9 tahun Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berkuasa, Indonesia masih saja mengimpor pangan.


Jokowi sendiri diungkapkan Rizal Ramli hanya bisa pencitraan. Jokowi katanya menyampaikan pidato retoris dan berfoto bersama dengan para petani yang nasibnya kian terjepit saat ini.       


"Pidato Mbak Mega di Munas PDIP ttg Kedaulatan dan Diversifikasi Pangan bagus sekali, Hanya rada telat," tulis Rizal Ramli.


"9 tahun Jokowi berkuasa, dia hanya pidato2 retoris dan selfie2 dgn petani, tetapi ketergantungan impor semakin tinggi dan petani semakin miskin!" tegasnya.


Oleh karena itu, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia itu menilai PDIP gagal menjadi pengawas Jokowi.


Alasannya, Indonesia mampu mencapai swasembada pangan, hanya dalam waktu tiga tahun, khususnya beras, jagung dan bawang putih.


Tetapi hingga 9 tahun Jokowi berkuasa, Indonesia tetap mengimpor bahan pangan tersebut.  


"Padahal untuk bisa swasembada beras, jagung, bawang putih hanya perlu waktu 3 tahun. Pengawasan PDIP thd Jkw (Jokowi) payah," tutupnya. 



[Democrazy/Tribun]

Penulis blog