HUKUM

Mengejutkan! Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK Diungkap Sosok Ini: FB Minta Rp 50 M, SYL Sanggupi Rp 1 Miliar

DEMOCRAZY.ID
Oktober 27, 2023
0 Komentar
Beranda
HUKUM
Mengejutkan! Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK Diungkap Sosok Ini: FB Minta Rp 50 M, SYL Sanggupi Rp 1 Miliar



DEMOCRAZY.ID - Penyidikan kasus dugaan pemerasan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih dilakukan Polda Mettro Jaya. 


Polisi terus mengumpulkan bukti-bukti, termasuk dengan menggeledah dua kediaman Firli di Jakarta Selatan dan Bekasi, pada Kamis (26/10/2023).


Kasus dugaan pemerasan Ketua KPK Firli terhadap SYL ini pun juga turut menjadi perhatian publik, terlebih warganet. 


Bahkan sebuah akun X @PartaiSocmed turut membongkar kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi pimpinan lembaga antirasuah, Firli Bahuri itu.


"MENGUNGKAP KASUS DUGAAN PEMBERANTASAN DAN GRATIFIKASI KETUA KPK FIRLI BAHURI," tulis akun @PartaiSocmed tersebut sebagaimana dikutip, Jumat (27/10/2023).


Pada bulan Juni 2022 Mentan Syahrul Yasin Limpo mendapat pesan dari Irwan yg diberi bocoran informasi dari Firli tentang penyelidikan KPK di Kementerian Pertanian. Selanjutnya Irwan mengatur pertemuan antara SYL dan Firli.


Siapakah Irwan yg diberi pesan oleh Firli dan bisa mengatur pertemuan antara Mentan dan Ketua KPK itu? 


Banyak pihak menyorot nama Kombes Polisi Irwan Anwar yg merupakan suami dari Andi Teri Natassa yg tak lain dan tak bukan adlh keponakan dari Mentan Syahrul Yasin Limpo himself


Pada akhir Juni 2022 dibahas rencana jadwal pertemuan antara Mentan SYL dan Ketua KPK Firli Bahuri. 


Pembahasan dilakukan di rumah Mentan SYL yg antara lain terdiri dari: SYL sendiri, Pak Irwan, dan M Hatta.


Disitu SYL menyampaikan bahwa akan dilakukan pertemuan dgn Firli malam itu. Dia sampaikan juga bahwa ada permintaan dari Firli untuk memberikan sejumlah dana (50 M) namun SYL hanya menyanggupi 1 M dalam bentuk dollar Singapore.


Malam itu juga Mentan SYL bersama Irwan berangkat ke kediaman Firli menggunakan mobil Inova Hitam. Sebelum berangkat tas berisi uang 1 M diserahkan pada Irwan utk diberikan kepada Firli.


Pada bulan Oktober 2022 M Hatta dihubungi oleh Panji, ajudan Mentan, utk menemui Irwan. Namun sebelumnya dia diminta utk datang ke Widya Chandra kediaman Mentan utk mengambil amplop berisi uang 1 M dalam pecahan dollar Singapore utk diserahkan ke Pak Irwan.


Pukul 11.00 M Hatta tiba di rumah Irwan namun karena masih perjalanan darat dari Semarang maka ditunggu. 


Setelah Irwan tiba M Hatta menyerahkan amplop berisi uang tersebut. Irwan menyampaikan akan menghadap Firli keesokan harinya.


Pd Desember 2022 Mentan Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan bertemu dgn Ketua KPK Firli Bahuri di lapangan bulu tangkis di sekitaran Mangga Besar pada pukul 20.30 WIB. 


Setibanya di GOR lapangan bulu tangkis rupanya Firli sedang main sehingga SYL diminta menunggu di pinggir lapangan


Setelah pertandingan selesai Firli lalu menghampiri SYL yg duduk seperti bocah culun di pinggir lapangan dan berbincang2 didampingi orang Lemhanas


Pada pukul 22.30 Mentan SYL pamit utk pulang, lalu ajudan Mentan Panji memberikan tas yg berisi sejumlah uang dlm pecahan dollar Singapore kepada ajudan Firli.



Sumber: Poskota

Penulis blog