POLITIK

Ini Dia 4 Jenderal TNI Yang Terlibat Dalam Pemberantasan PKI, Salah Satunya Ada Nama Mertua SBY

DEMOCRAZY.ID
Oktober 04, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ini Dia 4 Jenderal TNI Yang Terlibat Dalam Pemberantasan PKI, Salah Satunya Ada Nama Mertua SBY



DEMOCRAZY.ID - Seperti melansir dari akun TikTok @faizal.editor_3, Rabu, 4 Oktober 2023, ada 4 sosok Jenderal TNI yang ikut menumpas PKI setalah terjadinya peristiwa G30S, yaitu sebagai berikut.


1. Jenderal Soeharto


Soeharto merupakan sosok yang paling penting dalam pementasan PKI. Karena pada waktu itu, melalui Supersemar yang disahkan oleh Presiden Soekarno, mandat tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Jenderal Soeharto. 


Sehingga dengan kekuasaan dan kemampuan yang ia miliki, PKI berhasil ditumpas oleh TNI AD dibawah kepemimpinan presiden kedua Republik Indonesia itu. 


2. Jenderal Abdul Haris Nasution


Sosok Jenderal kedua yang ikut terlibat dalam penumpasan PKI yaitu Jenderal Abdul Haris Nasution. Beliau merupakan pahlawan nasional Indonesia yang meninggal pada 6 September 2000 pas saat usianya memasuki 81 tahun.


AH Nasution berhasil memberantas PKI bersama sahabatnya Soeharto, hingga Partai Komunis Indonesia itu musnah di Indonesia.


3. Jenderal Sarwo Edhi Wibowo


Kemudian Jenderal ketiga yang terlibat dalam peristiwa pemusnahan PKI yaitu Jenderal Sarwo Edhie Wibowo. 


Beliau merupakan tokoh militer Indonesia yang merupakan ayah dari Kristiani Herrawati wanita cantik yang dipersunting oleh presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.


Sarwo Edhi Wibowo sendiri ikut memberantas Partai Komunis Indonesia sejak tahun 1965 setelah peristiwa G30S terjadi.


4. Letnan Jendral M. Jasin 


Dan yang keempat ada nama Letnan Jenderal M. Jasin merupakan salah satu tokoh militer Indonesia yang pernah menjabat sebagai Staff Angkatan Darat pada tahun 1970-an.


Mochamad Jasin memiliki peran yang sangat penting dalam penumpasan PKI bersama Jenderal Soeharto dan tokoh militer lainnya. 


Dengan demikian itu adalah 4 tokoh Jenderal TNI AD yang ikut terlibat dalam proses pemberantasan Partai Komunis Indonesia. [Democrazy/Hops]

Penulis blog