PA 212 Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024? Pengamat: Tidak Ada Lagi Memainkan Isu-Isu Agama - DEMOCRAZY News
POLITIK

PA 212 Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024? Pengamat: Tidak Ada Lagi Memainkan Isu-Isu Agama

DEMOCRAZY.ID
September 07, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
PA 212 Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024? Pengamat: Tidak Ada Lagi Memainkan Isu-Isu Agama



DEMOCRAZY.IDBeredar isu di platform media sosial, Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengambil sikap dengan mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. 


Petinggi PA 212 melalui Sekretaris Dewan Syuro Slamet Maarif pun membantah isu tersebut dengan menyebutnya sebagai hoax.


"Hoax itu," kata Slamet saat dikonfirmasi, pada Kamis, 7 September 2023.


Slamet pun mengirim pernyataannya melalui video via pesan WhatsApp. Dia menilai lucu ada beberapa pemberitaan soal dukungan PA 212 terhadap bakal capres tertentu. 


Padahal, ia merasa tak pernah diwawancara atau diminta konfirmasi. 


Ia menegaskan sebelumnya tak pernah bicara sama sekali soal urusan pencapresan 2024. 


Namun, ia perlu meluruskan karena isu PA 212 dukung Ganjar mencuat dalam beberapa hari terakhir. 


"Jelas berita hoax. Tidak benar sama sekali. Saya tidak pernah diwawancara sama sekali," jelas Slamet. 


Slamet bilang pihaknya saat ini tetap istikamah mendukung dan menunggu komando serta ijtima ulama terkait urusan politik 2024. 


Ia menyebut hal itu termasuk menunggu komando dari Pembina PA 212 yaitu Imam Besar Habib Rizieq Shihab atau IB HRS.


"Dan wabil khusus, dan tetap 2024 kita tunggu komando IB HRS. Jadi, PA 212 belum memberikan dukungan kepada calon presiden manapun," ujarnya.


Menurut dia, adanya isu PA 212 dukung capres tertentu karena diduga adanya permainan buzzer. Kata Slamet, tujuannya untuk memecah umat demi kepentingan 2024. 


"Sekali lagi, PA 212 istikamah menunggu komando IB HRS untuk 2024," sebutnya.


Menanggapi hal tersebut, Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas melihat adanya dukungan Ganjar dari PA 212 merupakan sesuatu yang harus disambut baik.


Pasalnya, diakatakan Fernando, jika memang benar PA 212 mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden maka kemungkinan perpecahan antara polarisasi agama dapat berkurang pada pemilu 2024 mendatang.


"Justru saya melihatnya ini sesuatu yang baik karena kita harap polarisasi agama pada pilpres 2024 nanti dengan adanya isu ini menjadikan komponen-komponen yang berbasis agama dikubu capres tidak ada lagi memainkan isu-isu agama," ujar Fernando saat dihubungi redaksi, Kamis (7/9/2023).


Pengamat Politik asal Universitas 17 Agustus ini justru khawatir jika satu organisasi besar yang berbasis agama mengumpul pada satu capres akan terjadi perpecahan seperti pemilu 2019 kemarin.


"Karena kalau memupuk dan berkumpul dalam satu capres ini yang kita khawatirkan akan terjadi polarisasi dengan isu-isu agamana nantinya," ucap Fernando.


Untuk itu, Fernando menilai jika organisasi berbasiskan agama dapat memilih Presidennya masing-masing sesuai hak demokrasi maka isu-isu agama yang dapat menimbulkan polarisasi tidak akan terjadi pada pemilu 2024 mendatang.


"Jadi dengan mereka ibaratnya ini ada PA 212 ke pak Ganjar, terus ada organisasi-organisasi berbasiskan islam yang nanti terus ke Pak Prabowo dan pak Anies ya diharapkan gak ada lagi isu-isu agama yg dimainkan pada pemilu 2024," ungkap Fernando.


Isu PA 212 Dukung Ganjar Hoax, Novel Bamukmin: Kalau Dipinang Cawapres InsyaAllah Siap!


Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin menegaskan isu yang beredar terkait dukukan Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024 adalah hoax.


Hal tersebut disampaikan Nover saat dihubungi redaksi pada, Kamis, 7 September 2023.


"Hoax," ujar Novel saat dihubungi, Kamis (7/9/2023).


Akan tetapi, ia siap mendukung Ganjar Pranowo sebagi capres dengan catatan dirinya dijadikan calon wakil presiden (cawapres) dari Ganjar.


"Saya pribadi tidak mendukung manapun akan tetapi klo saya dipinang sebagai cawapresnya Ganjar insyaAllah saya siap," kata Novel. [Democrazy/Poskota]

Penulis blog