HOT NEWS

Mengingat Kembali Tregedi Berdarah G30S PKI di Jawa Tengah, Ribuan Orang Dibunuh Karena Dianggap Berkhianat

DEMOCRAZY.ID
September 30, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Mengingat Kembali Tregedi Berdarah G30S PKI di Jawa Tengah, Ribuan Orang Dibunuh Karena Dianggap Berkhianat



DEMOCRAZY.ID - Tragedi gerakan 30 September 1965 atau G30S PKI adalah salah satu peristiwa berdarah paling kelam pasca kemerdekaan Indonesia.


Peristiwa tersebut mengakibatkan tujuh korban tewas, dengan enam di antaranya adalah jenderal dan satu lagi seorang perwira TNI Angkatan Darat.


Beberapa hari setelah peristiwa itu, terjadi aksi penculikan, penahanan dan pembunuhan massal terhadap lebih ratusan ribu orang yang dianggap sebagai anggota maupun simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).


Rentetan sejarah kelam itu sampai sekarang masih membekas di masyarakat. Setiap tahunnya selalu ada refleksi untuk memperingati tragedi yang menciderai nilai-nilai kemanusiaan tersebut.


Pada periode 1965, Jawa Tengah dikenal memiliki basis pendukung PKI sangat besar. Sehingga saat meletusnya peristiwa pembersihan terhadap orang-orang PKI. Korban yang berjatuhan di Jawa Tengah mencapai 40.000 orang.


Berdasarkan data yang tulis oleh Martin Aleida dalam buku 'Tuhan Menangis, Terluka'. Berikut ini lokasi dan jumlah korban pembunuhan massal simpatisan PKI di Jawa Tengah.


1. Di Kabupaten Boyolali terdapat 16 kuburan massal simpatisan PKI yang tersebar di beberapa titik. Tercatat sebanyak 786 orang jadi korban peristiwa memilukan tersebut.


2. Di Kota Solo jembatan Bacem yang berada diatas aliran sungai Bengawan Solo jadi saksi sejarah orang-orang simpatisan PKI dibunuh lalu dibuang ke sungai. Peristiwa mencengkam tersebut sampai memakan korban 1500 orang.


3. Di Kabupaten Klaten sebanyak 500 orang simpatisan PKI dibunuh di satu titik di daerah Kecamatan Gantiwerno.


4. Di Kabupaten Pati terdapat tujuh lokasi kuburan massal simpatisan PKI. Tercatat sebanyak 208 jadi korban.


5. Di Kabupaten Wonogiri terdapat empat lokasi kuburan massal simpatidan PKI dengan jumlah korban sebanyak 80 orang.


6. Di Kabupaten Pekalongan terdapat satu titik kuburan massal simpatisan PKI di daerah tepi pantai utara Desa Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara. Sedangkan jumlah korban sebanyak 318 orang.


7. Di Kabupaten Pemalang terdapat lima titik kuburan massal simpatisan PKI dengan jumlah korban sebanyak 46 orang.


8. Di Kabupaten Tegal hanya satu lokasi 15 orang simpatisan PKI dieksekusi lalu dilempar ke sungai dari atas jembatan merah.


9. Di Kabupaten Brebes hanya satu lokasi 10 orang simpatisan PKI dieksekusi diatas jembatan sungai pemali.


10. Di Kota Semarang terdapat satu titik lokasi kuburan massal simpatisan PKI di Desa Plumbon, Kelurahan Wonosari, Ngaliyan. Sedangkan jumlah korban sebanyak 24 orang.


11. Di Kabupaten Cilacap terdapat enam lokasi kuburan massal atau tempat eksekusi simpatisan PKI. Sebanyak 1.861 orang dibunuh dan jenazahnya ada yang dibuang langsung ke laut.


12. Di Kabupaten Wonosobo terdspat satu titik lokasi eksekusi terhadap simpatisan PKI di Hutan Dempes Kaliwiro. Tercatat jumlah korban sebanyak 21 orang. [Democrazy/suara]

Penulis blog