HOT NEWS

HEBOH Lagu Nasional Halo Halo Bandung Diplagiat Malaysia Jadi Hello Kuala Lumpur

DEMOCRAZY.ID
September 12, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
HEBOH Lagu Nasional Halo Halo Bandung Diplagiat Malaysia Jadi Hello Kuala Lumpur



DEMOCRAZY.ID - Masyarakat Indonesia tak henti-hentinya dibikin geram dengan sederet kasus penjiplakan yang dilakukan Malaysia. 


Terbaru, muncul video animasi buatan Negeri Jiran yang menjiplak lagu Halo-halo Bandung diubah jadi Halo-halo Kuala Lumpur hingga membuat geram warganet.


"Halo-halo Kuala Lumpur, ibu kota keriangan," tulis lirik dalam lagu tersebut, Selasa (12/9/2023). 


Tak tanggung-tanggung, lagu Hello Kuala Lumpur ini ini ternyata sudah diunggah sejak 3 tahun lalu di salah satu kanal Youtube Lagu Kanak TV. 


Lagu itu diunggah pada video dengan judul "Nasyid Kanak-Kanak Islam Malaysia | Helo Kuala Lumpur | Lagu Patriotik Malaysia"


Pada kolom deskripsi video tersebut, lagu itu disebuat sebagai lagu tradisional Melayu, kanak-kanak. Juga disebutkan bahwa lagu itu merupakan lagu patriotik Malaysia. 


Sontak saja beredarnya video ini membuat geram publik di laman sosial media X. 


"Lagu kebangsaannya aja diambil dari lagu terang bulan, merdeka aja hasil giveaway dan pejuangnya aja dari tokoh komunis yg ngga diakui malah bangga bule2 inggris jadi pahlawan mereka," komentar salah satu netizen. 


"Bener2 bangsa yg nggak Kreatif!" sambung akun lainnya. 


Padahal "Halo, Halo Bandung" merupakan salah satu lagu perjuangan Indonesia ciptaan Ismail Marzuki yang menggambarkan semangat perjuangan rakyat kota Bandung dalam masa pascakemerdekaan pada tahun 1946, khususnya dalam peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tanggal 23 Maret 1946.


Berikut ini videonya:


Penulis blog