POLITIK

Wara-Wiri Temui Relawan, Giliran Ditantang Debat BEM UI Ganjar Bilang Statusnya Masih Gubernur

DEMOCRAZY.ID
Agustus 30, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Wara-Wiri Temui Relawan, Giliran Ditantang Debat BEM UI Ganjar Bilang Statusnya Masih Gubernur



DEMOCRAZY.ID - Kecewa dengan banyaknya pencitraan dan kampanye yang membosankan, BEM UI mengundang para Capres 2024 dalam forum debat pada 14 September 2023.


Para Capres tersebut antara lain Ganjar Pranowo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan PPP.


Selanjutnya Anies Baswedan merupakan Capres 2024 dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Ummat dan Partai Masyumi.


Terakhir Prabowo Subianto, Capres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang terdiri dari Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar dan PAN.


Sementara itu, Bakal calon presiden (capres) yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo pun memberi jawaban terkait tantangan tersebut


Ganjar hanya mengatakan, saat ini dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.


“Sabar, saya masih jadi gubernur,” katanya di  Universitas Pancasila (UP), Jakarta, Senin 28 Agustus 2023.


Ganjar menilai, undangan diskusi dalam kampus sebagai hal yang bagus.


Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengizinkan kampus untuk lokasi debat kandidat.


Meski demikian, dia belum memastikan akan datang memenuhi undangan debat terbuka dari BEM UI tersebut


Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang menyatakan, bagi mahasiswa UI, calon pemimpin bangsa haruslah mereka yang teruji akal pikiran dan juga gagasan-gagasannya untuk bangsa.


BEM UI mengundang seluruh anak muda, mahasiswa, dan berbagai elemen lain untuk datang dan melihat ide-ide besar tiap calon pemimpin untuk masa depan bangsa.


"Hingga hari ini, kami mendapat respon positif dari Ganjar, Anies, maupun Prabowo. Berdasarkan pernyataan langsung ataupun melalui para jubirnya, mereka menyatakan siap datang dan beradu gagasan dengan mahasiswa UI," ungkap Melki Sedek.


Anies Satroni Sekretariat BEM UI


Jawab tantangan, Anies Baswedan langsung menyambangi sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) di Komplek UI, Depok, Jawa Barat pada Selasa (29/8/2023).


Momen tersebut diabadikan Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu lewat status instygramnya @aniesbaswedan pada Selasa (29/8/2023).


Dalam postingannya, Anies mengunggah sebuah video dengan keterangan 'Sekretariat BEM UI, 29 Agustus 2023'.


Dalam tayangan tersebut, Anies mengungkapkan kedatangannya ke Sekretariat BEM UI setelah mmberikan kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.


Selepas memberikan kuliah umum, mantan Gubernur DKI Jakarta itu segera menyatroni sekretariat BEM UI yang berada di Komplek UI. Namun sayang, harapannya bisa menemui langsung BEM UI tak terwujud.


Dirinya hanya mendapati Sekretariat BEM UI dalam keadaan kosong tak berpenghuni. Hal itu dibuktikannya lewat potret yang disisipkan dalam video.


Potret itu merekam momen ketika Anies melongok ke dalam ruang Sekretariat BEM UI yang kosong. 


"Hari ini saya baru saja selesai memberi kuliah umum di FISIP UI, selesai itu kemudian saya mampir ke Sekretariat BEM UI untuk merespon undangan dari BEM (UI) untuk kegiatan debat," ungkap Anies.


"Saya pikir bisa ketemu teman-teman (BEM UI) dan kalau undangannya sudah ada, saya ambil saja undangannya," tambahnya.


Lantaran tidak bertemu dengan satupun perwakilan BEM UI, Anies pun segera meninggalkan lokasi.


Dirinya berharap agar BEM UI dapat segera mengirimkan undangan debat, karena dipastikannya Anies akan datang secara langsung berhadapan dengan mereka.


"Tapi karena sekretariat kosong, mungkin teman-teman sedang kuliah, jadi saya tunggu aja nanti kalau undangannya sudah siap, tunggu dikirimkan, Insya Allah saya hadir. Makasih," ungkap Anies.


Melengkapi postingannya, Anies pun menuliskan pendapatnya dalam kolom status.


Dirinya mengaku husnudzon atas kosongnya Sekretariat BEM UI. 


"Mampir ke Sekretariat BEM UI mau bersapa sekalian ambil undangan debat, sayang nggak ketemu pengurus. Mungkin lagi pada kuliah..." tulis Anies.



Postingan Anies pun disambut ramai masyarakat. Pro dan kontra kembali dituliskan para pendukunya maupun lawan politik Anies dalam kolom komentar.


Mereka pun membandingkan sikap Anies dengan kedua Capres lainnya, antara lain Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. [Democrazy/WartaKota]

Penulis blog