HOT NEWS ISLAMI POLITIK

VIRAL Video Moeldoko Tayamum Pakai Usap Kaki Segala, Netizen Heboh!

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
ISLAMI
POLITIK
VIRAL Video Moeldoko Tayamum Pakai Usap Kaki Segala, Netizen Heboh!



DEMOCRAZY.ID - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjadi pembicaraan warganet setelah dirinya munculnya sebuah unggahan video di media sosial sedang melakukan tayamum di atas kereta api.


Dalam sebuah unggahan, nampak mantan Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) pada 2013 sedang di sebuah perjalanan di kereta api dan hendak melakukan shalat.


Dalam sebuah video yang beredar, nampak pria kelahiran Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kediri ini dibantu seorang asisten yang sedang melepas jaketnya. 


Tidak lama setelah itu, alumnus Akabri tahun 1981 berjalan menuju musholla di bagian gerbong kereta api dan melepas kaos kaki dan sepatunya.


Tidak lama setelah itu, ia menempelkan kedua tanganya ke dinding mushola dan menggosok kedua tanganya. 


Ia kemudian kemudian menempelkan kembali kedua tanganya ke dinding dan selanjutnya terlihat seperti mengusap kedua lutut hingga ke bawah kakinya.


Selanjutnya, pria yang mengenakan kaos lengan panjang dan celana berwana hitam ini langsung menempelkan kedua tanganya di bagian ruang musholla. 


Selanjutnya suami Koesni Harningsih langsung melanjutkan takbiratul ikhram, takbir pertama ketika memulai ibadah shalat.


Video ini diunggah di akun Twitter @ferizandra, yang namapknya mengambil video dari akun TikTok @kanjengsolo. Banyak warganet mengomentari unggahan ini.


“Pagi2 video ini melintas di medsos, saya jadi ingin bertanya: 1. Di kereta VVIP biasanya ada toilet & wastafel, kenapa Bapak tayamum…? 2. Tayamum biasanya cuman mengusap wajah & tangan, kenapa kaki (celana) Bapak diusap juga…?,” demikian tulis akun Twitter @ferizandra.


“Untuk apa Bapak sholat direkam video…?,” tambahnya.


[VIDEO]



Sampai siang ini, unggahan video ini sudah dilihat 1575 orang dan menuai reaksi netizen lain. Banyak yang mengecam tapi ada juga yang membela.


“Kalo rajin sholat, gak perlu direkam…? 😅, “ ujar salah seorang yan berkomentar


“Madzhab TikTokiyah?’ ujar netizen lain.


“Keliru kabeh Mul @Dr_Moeldoko  cara tayamume, ketoro gak tahu tayamum, ngono yo divideo,“ tulis @DukKroak.


“Pakai jalur di luar 4 Mahzab? Krn ga nemu di 4 Mahzab yg biasanya dipakai Muslim,” ujar @blank0429.


“Tayamun bukannya cuma wajah dan pergelangan tangan ya ? Itu tayamun Mazhab mana?" kata @Sekar_galuh.


“Mungkin dari Mazhab Bung Karno atau dari Panji Gumilang??🤭,” tulis @arhdat_tanjung.


“Wkwkwk…seperti biasa,mendekati pemilu pejabat jadi lucu-lucu😂, “ tulis akun @Koceng_kocengan.


Lain di Twitter lain di TikTok. Unggahan video serupa di akun @kanjengsolo di akun TikTok justru banyak menuai pujian.


[VIDEO]


@kanjengsolo Pak Jenderal ini taat beribadah walau sedang di Kereta Api #fyp #jokowi #moeldoko #kai ♬ Danger - SoundAudio


“KERREN DAN GAGAH PAK MOEL, “ tulis Aldien Hott. “Sehat selalu pak mudah mudahan istiqomah,” tambah @bezowae.


Namun tidak sedikit yang menyindir dengan cara memberikan pujian kepada Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.  


“Hmmmm… saya salutttt… semoga pak Gatot Nurmantyo diberikan kesehatan,” tulis pemilik akun @ChaidiraswadLubiz.


TATA CARA TAYAMUM YANG BENAR


Dikutip dari an-nur.ac.id tata cara bertayamun di kereta.


Ketika Anda sedang dalam perjalanan dengan kereta dan tidak menemukan air di sekitar Anda, maka Anda dapat melakukan tayamum sebagai pengganti untuk bersuci sebelum sholat. Berikut adalah cara tayamum di kereta :


– Persiapkan alat yang dibutuhkan, seperti tanah, debu, atau benda yang mengandung tanah atau debu yang bersih dan suci. Anda dapat menggunakan bantal, karpet, atau benda lain yang ada di kereta yang memiliki unsur tanah atau debu.


– Niatkan tayamum dengan mengucapkan: Nawaitu at-tayammuma li raf’il hadatsi l-ashgharii fardhan lillahi ta’ala (Saya niat tayamum untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah ta’ala).


– Ketukkan kedua telapak tangan ke tanah atau debu, lalu usapkan ke wajah secara merata dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri.


– Ketukkan lagi kedua telapak tangan ke tanah atau debu, lalu usapkan ke kedua tangan dari pergelangan sampai siku secara berurutan. Mulai dari tangan kanan lalu tangan kiri.


– Tayamum selesai dan Anda dapat melaksanakan sholat.


Sumber: Hidayatullah

Penulis blog