Kronologi, Fakta & Misteri Kematian Bos Wagner Prigozhin - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

Kronologi, Fakta & Misteri Kematian Bos Wagner Prigozhin

DEMOCRAZY.ID
Agustus 25, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Kronologi, Fakta & Misteri Kematian Bos Wagner Prigozhin



DEMOCRAZY.ID - Bos kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin, disebut tewas dalam kecelakaan pesawat pribadi yang ia tumpangi pada Rabu (23/8/2023). Namun, belum ada bukti sahih yang menegaskan hal tersebut.


Sejauh ini pihak berwenang Rusia belum mengonfirmasi melalui tes DNA bahwa jenazah pria berusia 62 tahun itu termasuk di antara 10 jenazah hangus dan hancur yang ditemukan di dekat puing-puing jet pribadi yang jatuh 350 km (217 mil) barat laut Moskow pada Rabu malam.


Yang jelas, Prigozhin terdaftar sebagai salah satu penumpang pesawat tersebut, bersama dengan pendiri perusahaan dan simpatisan neo-Nazi Dmitry Utkin yang dijuluki Wagner.


Salah satu penumpang yang tewas adalah Valery Chkalov, sekutu utama Prigozhin yang bertanggung jawab atas logistik Wagner di Ukraina, Suriah, dan Afrika. Yang lainnya adalah letnan Yevgeny Makaryan dan Sergey Propustin.


Antara Hidup atau Mati


Isu kematian Prigozhin muncul tepat dua bulan setelah ia dan pasukan tentara bayarannya melakukan pemberontakan yang berakhir gagal terhadap Presiden Vladimir Putin. Ini menimbulkan kepanikan di Kremlin dan memaksa Putin meninggalkan Moskow saat itu.


Seorang pakar terkemuka di Wagner yakin bahwa Prigozhin sudah mati. Hal ini disampaikan oleh John Lechner, seorang reporter investigasi di Amerika Serikat (AS) yang sedang menulis buku tentang Prigozhin dan telah merangkum penelitiannya selama bertahun-tahun.


"Saya telah mendengar dari sumber di Wagner yang dekat dengannya bahwa hal itu mungkin benar," kata Lechner, seperti dikutip Al Jazeera.


Namun mereka yang meragukan kematian tersebut menyebutkan kecenderungan Prigozhin untuk menyamar dan kesempatannya untuk melarikan diri ke Republik Afrika Tengah, Mali, atau negara-negara Afrika lainnya, di mana Wagner memberikan layanan keamanan kepada orang-orang kuat lokal dengan imbalan saham di pertambangan dan perdagangan sumber daya alam lokal.


Polisi Rusia menemukan tumpukan paspor palsu dengan foto Prigozhin dan nama orang lain sehari setelah kudeta yang gagal, dan foto berbingkai dirinya yang mengenakan wig, kacamata, dan janggut ditemukan di rumahnya di St. Petersburg.


"Sangat menyenangkan dan mudah untuk memalsukan kematian diri sendiri," kata pakar pertahanan Ukraina Maria Kucherenko, yang menulis laporan rinci tentang Wagner, melalui Facebook pada Kamis malam.


Namun tidak ada kemungkinan untuk benar-benar memalsukan kematian Prigozhin di Rusia, mengingat pengawasan ketat para pejabat dan ahli forensik yang menyelidiki kecelakaan tersebut, kata analis lainnya.


"Mungkin ada rumor [kematian palsu] seandainya dia melakukannya di Afrika, tapi tidak di Rusia, di mana tes DNA akan segera dilakukan," kata Nikolay Mitrokhin dari Universitas Bremen di Jerman.


Pesawat Jatuh Ditembak?


Mitrokhin menyebut tes DNA para korban akan dipantau dengan cermat oleh Kremlin mengingat negara tersebut adalah penyebab utama kematian Prigozhin.


"Dilihat dari sumbernya, pesawat itu ditembak jatuh. Itulah yang mudah dipercaya. Hal ini sangat bermanfaat bagi pihak berwenang Rusia yang selalu bisa menyalahkan letnan atau mayor [pertahanan udara] yang melakukan kesalahan," katanya.


Menurut video ponsel yang konon memperlihatkan jet Legacy Embraer milik Prigozhin di udara, pesawat itu jatuh, tidak meluncur ke bawah, dan tampaknya hanya satu mesin yang menyala.


Kepulan asap terlihat di belakang pesawat, dan ekor serta salah satu sayapnya terlepas jauh dari badan pesawat. 


Ini mungkin mengindikasikan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh ledakan, menurut foto dan video dari lokasi kecelakaan pesawat.


Dalam video amatir lain yang menunjukkan pesawat jatuh, para saksi mengatakan mereka mendengar dua ledakan. Pasukan pertahanan udara secara rutin menembak sebuah pesawat sebanyak dua kali untuk memastikan pesawat tersebut terkena serangan.


Sebuah sumber di badan pengawas penerbangan utama Rusia mengatakan kepada saluran televisi Tsargrad bahwa pesawat itu meledak.


Namun, Flightradar 24, pelacak pesawat asal Swedia, mengatakan bahwa jet buatan Brasil itu terbang hingga ketinggian 8.500 meter (28.000 kaki).


Sangat sedikit senjata pertahanan udara yang dapat menghantam pesawat setinggi itu, dan Kremlin diduga menggunakan dua rudal S-300, menurut klaim saluran Telegram VChK-OGPU yang memiliki tautan ke lembaga penegak hukum Rusia.


Balas Dendam Putin?


Putin sendiri terkenal pendendam. Tidak sedikit orang-orang yang berurusan dengannya mengalami nasib misterius, hingga meninggal dunia dengan alasan diracun.


Kritikus Kremlin mengutip kasus Alexander Litvinenko, pakar kejahatan terorganisir FSB yang menuduh Putin mengambil keuntungan dari perdagangan narkoba dan pencucian uang.


Litvinenko membelot ke Inggris dan meninggal secara mengenaskan pada tahun 2006 setelah meminum teh yang mengandung radioaktif polonium-210, racun yang sangat langka dan mahal.


Putin menyebut Litvinenko sebagai pengkhianat dan Inggris mengatakan presiden Rusia kemungkinan menyetujui pembunuhan tersebut.


Pengkhianat adalah julukan yang digunakan Putin dalam pidatonya di televisi pada hari pemberontakan Prigozhin. Meskipun kerusuhan dihentikan dan Wagner kembali ke wilayah pendudukan Rusia di tenggara Ukraina, reputasi Putin sangat terpuruk.


Masa Depan Wagner


Tidak seperti sekutu Putin lainnya yang lebih memilih untuk tidak menonjolkan diri, Prigozhin adalah seorang yang cerewet. Selama berbulan-bulan sebelum pemberontakan, dia mengecam para petinggi Rusia.


Setelahnya, ribuan pejuang utama Wagner pindah ke kamp yang dibangun dengan tergesa-gesa di hutan Belarusia. Beberapa diantaranya terlihat di dekat Celah Suwalki dekat perbatasan Polandia-Lithuania yang memisahkan Belarus dari Kaliningrad, eksklave Baltik Rusia.


Prigozhin mengunjungi Rusia beberapa kali dan bahkan bertemu dengan Putin, sementara pusat perekrutan Wagner terus beroperasi.


Seorang aktivis oposisi Rusia menyebut Putin mungkin mengikuti contoh bos mafia sinematik Michael Corleone dengan membalas dendam dengan dingin.


"Prigozhin direlokasi dari negara itu. Dalam waktu dua bulan, mereka mendistribusikan kembali asetnya, memeriksa semua rantai kontak, dan mengganti segala sesuatu di sistem yang memerlukan penggantian. Dan sekarang singkirkan saja [Prigozhin dan para letnan utamanya]," kata Sergey Bizyukin.


"Saya tidak tahu apakah [Prigozhin] mempunyai kesempatan untuk bertahan di Belarus, tapi itu adalah satu-satunya kesempatan kecilnya untuk bertahan hidup," tambahnya.


Namun, menurut analis militer independen David Gendelman, karena Wagner terbukti sangat efektif, maka senjata ini mungkin akan terus ada dan beroperasi di Ukraina dan di tempat lain.


"Namun sumber daya perusahaan, termasuk pesawat tempur yang telah teruji dalam pertempuran dan operasi yang berfungsi dengan lancar di Afrika, terlalu berharga bagi Kremlin untuk membiarkan Wagner dibubarkan," kata Gendelman.


Namun pengaruh Wagner dan Moskow di Afrika mungkin akan berkurang karena meningkatnya pengaruh China dan anggota inti lainnya dari blok BRICS yang kini sedang berkembang. [Democrazy/CNBC]

Penulis blog