HOT NEWS POLITIK TRENDING

Perbedaan Pendukung Anies dan Ganjar Versi Rocky Gerung

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Perbedaan Pendukung Anies dan Ganjar Versi Rocky Gerung


DEMOCRAZY.ID - Ahli hukum tata negara Refly Harun mengungkapkan perbedaan pendukung bakal capres PDIP Ganjar Pranowo dan bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan versi pengamat politik Rocky Gerung.


Refly Harun mangatakan berdasarkan pandangan Rocky Gerung, pendukung Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo hanya berbeda dari motifnya. 


"Kata Rocky Gerung bedanya pendukung Ganjar sama pendukung Anies atau pendukung Anies dan yang lainnya adalah soal motif," ujarnya.


Sedangkan menurut Refly, pendukung Anies Baswedan terlihat jauh lebih ikhlas dan tidak berpikir keuntungan material daripada pendukung capres lainnya seperti Ganjar Pranowo atau Ketum Gerindra Prabowo Subianto.


"Saya menganggap pendukung Anies itu jauh lebih nothing to lose, jauh lebih ikhlas jauh lebih tidak berpikir keuntungan-keuntungan material dibandingkan ke pendukung yang onoh yang belum apa-apa udah hitungan pakai kalkulator," bebernya.


Pasalnya dalam perpolitikan semuanya dihitung, Refly mengibaratkan dengan tidak ada makan siang gratis, namun tidak semuanya jelek, ada beberapa yang mengutamakan kebaikan.


"Tidak ada yang makan siang gratis di politik, tapi dalam semua perhitungan tersebut ada yang berhitung untuk soal bekal akhirat soal yang vertikal," tandasnya dikutip dari YouTube Refly Harun, Jumat (21/7).


Rocky Gerung Tegaskan Dukung Ganjar dan Anies: Saya Dukung yang Punya Gagasan


Pengamat politik Rocky Gerung menegaskan dirinya mendukung pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maupun Ganjar Pranowo. Ia mengaku mendukung keduanya karena sama-sama memiliki gagasan politik.


Rocky awalnya mengomentari persepsi publik yang menilai dirinya sebagai pendukung Anies dan AHY. Hal itu lantaran Rocky tak pernah sama sekali mendukung Presiden Jokowi.


"Orang terus-menerus mengkaitkan saya sebagai pendukung Anies, pendukung AHY, ya jelas aja karena saya nggak mendukung Jokowi, nggak mendukung Ganjar kan," kata Rocky, dikutip dari YouTubenya, Kamis (10/11/2022).


Kendati demikian, Rocky menegaskan bahwa dirinya tidak menjadi tim relawan Anies dan AHY pada Pilpres mendatang.


Dia mengaku mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Demokrat karena gagasan politiknya.


"Bukan mendukung dalam pengertian tim relawan, enggak. Saya mendukung setiap orang yang punya gagasan masuk di dalam wilayah politik," tegas Rocky.


Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) ini mengatakan bahwa Anies mempunyai gagasan dalam berpolitik.


"Jadi yang punya gagasan itu, akhirnya punya gagasan, Anies punya gagasan, maka saya dorong supaya masuk ke situ, tapi bukan, bukan itu intinya tuh," ucapnya.


Dengan dukungannya itu, Rocky berharap agar gagasan Anies dan AHY beradu dengan gagasan Ganjar Pranowo di debat publik melalui sebuah acara tertentu di media.


"Intinya adalah supaya gagasannya AHY, gagasannya Anies dihadapkan langsung dengan gagasannya Ganjar kan, karena itu dengan kata lain saya juga mendorong Ganjar datang ke dalam wilayah debat publik di pers di FNN," pungkasnya. [Democrazy/NW]

Penulis blog