Kata Legislator DKI: JIS Tak Layak Jadi Venue Piala Dunia U-17, Bisa Coreng Muka Indonesia di Mata Dunia! - DEMOCRAZY News
HOT NEWS POLITIK TRENDING

Kata Legislator DKI: JIS Tak Layak Jadi Venue Piala Dunia U-17, Bisa Coreng Muka Indonesia di Mata Dunia!

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Kata Legislator DKI: JIS Tak Layak Jadi Venue Piala Dunia U-17, Bisa Coreng Muka Indonesia di Mata Dunia!


DEMOCRAZY.ID - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth menyarankan pemerintah dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak memaksa menjadikan Jakarta International Stadium atau JIS sebagai venue Piala Dunia U-17 2023 mendatang. Ia khawatir jika dipaksakan citra Indonesia di mata dunia akan tercoreng.


Menurut Kenneth, gelaran Piala Dunia U-17 akan menjadi sorotan dunia dan menjadi tolak ukur gelaran sepak bola kelas internasional di Indonesia. Sementara, JIS masih memiliki banyak PR yang belum diselesaikan.


"Ini menyangkut muka negara kita di muka dunia. Pasti akan banyak media dunia yang akan menyoroti pagelaran ini, jadi saran saya jangan memaksakan memakai stadion JIS, sangat beresiko," kata Kenneth, Senin (3/6/2023).


Kenneth menyoroti beberapa permasalahan yang perlu diselesaikan. Pertama adalah soal kisruh Kampung Susun Bayam. 


Permukiman Susun ini seharusnya dibuat untuk warga korban gusuran JIS, tapi sampai sekarang belum juga bisa ditempati.


"Info terakhir bahwa mereka belum bisa menempati Kampung Susun Bayam yang Pemprov DKI janjikan, sekarang mereka malah mendirikan tenda di sekitaran JIS. Harus ada solusi untuk persoalan ini agar tak berlarut-larut," ujarnya.


Selanjutnya, di sekitaran JIS juga masih banyak permukiman. Ia khawatir nanti jika terjadi kerusuhan saat pertandingan, pengamanan akan makin sulit karena banyaknya warga sekitar.


"Kemudian masih banyak pemukiman kumuh yang belum di relokasi di sekitaran JIS yang tidak layak untuk wajah sebuah stadion internasional," jelasnya.


"Jadi saran saya jangan memaksakan memakai stadion JIS, sangat beresiko. Stadion bertaraf Internasional itu harus steril, jauh dari permukiman warga," tambahnya.


Menurut Kenneth, gelaran Piala Dunia U-17 bisa menggunakan 22 stadion di Indonesia. Sebab, JIS belum sesuai standar Internasional.


"Masih banyak stadion yang layak di Indonesia, jangan memaksakan menggunakan JIS," tuturnya.


Stadion yang bertaraf Internasional yang menelan dana hingga Rp5 triliun banyak kekurangannya, seperti area parkir yang terbatas, keterbatasan akses keluar-masuk penonton, dan penggunaan rumput jahitan. 


Politisi PDIP ini juga meyakini waktu yang tersisa sampai November 2023 mendatang tak akan cukup untuk melakukan perbaikan.


"Akses parkir dan pintu keluar-masuk penonton yang seharusnya ada empat pintu, ini hanya ada satu. Kita harus antisipasi keselamatan para suporter dan penonton. Lalu juga harus memeriksa beton-beton di dalam maupun di luar stadion, ini harus di lakukan renovasi besar-besaran, harus di cek ulang semua dan itu sangat membutuhkan waktu dan anggaran yang tidak sedikit," pungkasnya.


Inilah Syarat JIS Menjelma Jadi Stadion yang Diakui Berstandar FIFA


Pemerintah berencana merenovasi Jakarta International Stadium (JIS). Hal itu diungkapkan Menpora Dito Ariotedjo Rabu (28/6/2023) lalu.


Rencana renovasi itu terkait dengan gelaran Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Jakarta pada November hingga Desember 2023 mendatang. 


Dengan akan adanya gelaran itu, JIS diusulkan untuk menjadi salah satu stadion yang digunakan untuk menjadi tuan rumah.


Namun rencana itu urung dilakukan, lantaran JIS dinilai belum berstandar FIFA sehingga belum bisa digunakan untuk pertandingan tingkat internasional.


Salah satu yang menjadi perhatian adalah lahan parkir yang kurang luas dan pintu keluar masuk stadion yang hanya satu. 


Karena itulah, pemerintah berencana merenovasi stadion yang dibangun di era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.


Menurut Menpora, ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan agar JIS bisa menjadi stadion yang berstandar FIFA.


Lantas seperti apa stadion sepak bola yang sesuai dengan standar FIFA? Berikut ulasannya.


Mempertimbangkan dampak lingkungan


Menurut Pedoman Stasion FIFA, sebuah stadion sepak bola harus memenuhi persyaratan utama, yakni ramah secara sosial, ekonomi serta lingkungan.


Sebuah stadion sepak bola juga harus bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya dan mempertimbangkan masa depan, ramah lingkungan dan tahan iklim.


Lapangan standar FIFA


Luas lapangan sepak bola yang digunakan untuk pertandingan internasional juga menjadi perhatian FIFA.


Menurut asosiasi sepak bola dunia itu, ukuran lapangan yang ada di dalam stadion direkomendasikan berdimensi 105 meter x 68 meter.


Area luar lapangan juga ada standarnya, di mana FIFA meminta area luar lapangan jaraknya totalnya lima meter di luar setiap garis gawang dan empar meter di luar garis sentuh disediakan sebelum penempatan papan iklan perimeter.


Sementara untuk permukaan lapangan, menurut standar FIFA, harus berupa rumput alami atau rumput sintetis yang disetujui.


Dan menurut FIFA, sebuah stadion harus memiliki penerangan yang cukup agar bisa melaksanakan pertandingan di malam hari. Adapun tingkat penerangan rata-rata dalam stadiion minimal 2.500 lux.


Jumlah minimal kursi penonton


Jumlah kursi penonton merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki sebuah stadion sepak bola.


Menurut standar FIFA, sebuah stadionsepakbola harus memiliki tempat duduk setidaknya untuk 5 ribu penonton, dengan setidaknya 1.000 kursi tertutup.


Persyaratan keselamatan


Masalah keselamatan di dalam stadion menjadi faktor utama bagi sebuah stadion berstandar FIFA, karena hal tersebut adalah salah satu hal penting.


Atas dasar itu, berdasarkan standar FIFA, sebuah stadion harus memiliki peralatan dan prosedur yang efektif untuk mendeteksi maupun mengatasi setiap kejadian tak diinginkan yang terjadi di area stadion, contohnya kebakaran.


Untuk mendukung hal yang demikian, menurut FIFA, area sekitar stadion juga harus memiliki akses yang mudah untuk dilewati kendaraan darurat seperti pemadam kebakaran dan ambulans.


Ruang kontrol stadion standar FIFA


Menurut FIFA, semua stadion yang digunakan untuk pertandingan internasional haris dilengkapi dengan Venue Operations center (VOC) atau ruang control stadion.


Melalui VOC, operasi keselamatan dan keamanan stadion bisa dipantau dan dikendalikan, sebab ini adalah ruangan komando untuk mengarahkan sumber daya baik dalam keadaan normal maupun darurat. [Democrazy/suara]

Penulis blog