POLITIK TRENDING

Kandidat Kuat Cawapres Anies, Sosok Baru Ini Muncul

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
TRENDING
Kandidat Kuat Cawapres Anies, Sosok Baru Ini Muncul


DEMOCRAZY.ID - Sosok Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Anies Baswedan perlahan-lahan mulai muncul ke publik. 


Namun sosoknya bukan nama-nama unggulan seperti Khofifah Indar Parawansa dan Yenny Wahid.


Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali tak menampik peluang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi kandidat Cawapres mendampingi Anies cukup besar.


"Makanya kita tidak pernah mau berbicara tentang AHY. Kalau ditanya AHY berpeluang, sangat besar," ungkapnya dikutip Sabtu (29/7/2023).


AHY sendiri mengatakan bahwa Cawapres yang akan diusung oleh Koalisi Perubahan akan diserahkan langsung oleh Anies Baswedan. 


Anies merupakan Capres yang diusung oleh Koalisi Perubahan yaitu Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera.


"Kita konsisten untuk memberikan mandat itu kepada Anies Baswedan untuk memilih siapa cawapresnya. Namun kewenangan yang diberikan dan siapa yang ditunjuk itu harus bisa dijelaskan secara empiris, secara saintifik mengapa memilih seseorang," kata AHY.


Sementara itu, mengenai dirinya yang digadang-gadang berpotensi menjadi Cawapres terkuat Anies, AHY menyatakan akan selalu mempersiapkan diri untuk hasil yang terbaik.


"Insyaallah saya adalah orang yang selalu optimistis dan ingin terus mempersiapkan diri. Saya merasa harus terus bekerja karena kita (koalisi) tidak hanya ingin berlayar, tapi ingin menang," kata AHY saat ditemui di sebuah kafe di sekitar Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, pekan lalu.


Oleh karena itu kata AHY, performance harus ditingkatkan, semakin baik diterima oleh masyarakat, semakin jelas narasi yang juga akan diperjuangkan.


"Substansinya harus jelas," tuturnya.


Dalam pertemuan di Yogyakarta itu, AHY juga menyinggung soal berbagai hasil survei yang menempatkan namanya dalam jajaran teratas figur pendamping Anies di Pilpres nanti. Baginya, itu menjadi sebuah modal dasar.


"Kalau tadi disampaikan ada sejumlah lembaga survei yang memotret pasangan ini (Anies-AHY) juga punya kans yang baik, saya pikir pertama harus kita nilai atau tempatkan sebagai sebuah potensi, sebuah modal dasar," ujarnya.


Susi Pudjiastuti Jadi Kandidat Cawapres untuk Anies


Di sisi lain, Anies juga melakukan sejumlah pertemuan dengan tokoh lainnya. Salah satunya yakni Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Hal tersebut tentunya menimbulkan tanda tanya.


Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim menyebut Susi 'Ratu Pangandaran' merupakan sosok yang memenuhi syarat sebagai kandidat calon wakil presiden Anies di Pilpres 2024.


"Nah, dari kriteria itu seyogyanya Susi memenuhi syarat untuk jadi salah satu kandidat," ujar Hermawi, Rabu (26/7) lalu.


Mengutip CNN Indonesia, Hermawi menambahkan sosok Anies dan Susi memiliki banyak persamaan. Salah satunya adalah komunikatif dan dekat dengan kalangan masyarakat.


"Keduanya juga mempunyai persamaan yang sama-sama komunikatif dengan rakyat kecil dan senantiasa mengimpikan perubahan ke arah yang lebih baik dari negeri ini," imbuhnya.


Sementara itu juru bicara PKS Ahmad Mabruri menduga pertemuan Anies dengan Susi sebagai upaya mencari cawapres yang sesuai dengan kriteria 0 seperti yang telah Anies sampaikan. 


Kendati demikian, Mabruri enggan berspekulasi apakah pertemuan itu turut membahas peluang Susi menjadi cawapres.


"Mesti ditanya ke Mas Anies langsung. Mungkin Mas Anies lagi cari kriteria 0 kan cawapres sudah diserahkan ke Mas Anies, PKS ikut kesepakatan aja," imbuhnya.


Sedangkan juru bicara partai Demokrat, Herzaky Putra Mahendra mengaku yakin pertemuan antara Anies dan Susi tak membahas perihal cawapres pendamping Anies. 


Herzaky mengatakan partainya enggan kembali membahas siapa cawapres pendamping Anies. Menurutnya hal itu sudah selesai dan tinggal diumumkan.


"Bacawapres sudah tuntas ya di Koalisi Perubahan. Mandatnya sudah di Mas Anies. Namanya sudah ada. Tinggal tunggu waktu saja kapan waktu yang pas," sebutnya.


Dihubungi terpisah, Susi Pudjiastuti tak membantah pertemuannya dengan Anies salah satunya membicarakan soal politik. Namun kalau soal cawapres sama sekali tidak dibahas pada pertemuan tersebut.


"Cawapres tidak, tidak ada omong tentang cawapres," tegas Susi. [Democrazy/CNBC]

Penulis blog