Jokowi dan Tiongkok Xi Jinping Buat 8 Kesepakatan, Apa Saja Isinya? - DEMOCRAZY News
EKBIS GLOBAL POLITIK TRENDING

Jokowi dan Tiongkok Xi Jinping Buat 8 Kesepakatan, Apa Saja Isinya?

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
GLOBAL
POLITIK
TRENDING
Jokowi dan Tiongkok Xi Jinping Buat 8 Kesepakatan, Apa Saja Isinya?


DEMOCRAZY.ID - Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Chengdu, Tiongkok pada Kamis, (27/07/2023) berlangsung dengan hangat. Xi Jinping pun menyambut kedatangan orang nomor satu di RI 1 ini Hotel Jinniu, Chengdu. 


Pertemuan keduanya pun dalam rangka jalinan kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Tiongkok yang sudah terjalin sejak lama.


Berbagai kerjasama pun sudah dilakukan, termasuk soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang bekerjasama dengan pemerintah Shenzhen, Tiongkok dalam penguatan program pembangunan infrastruktur.


Tak hanya itu, pertemuan keduanya pun akhirnya mencapai beberapa kesepakatan kerjasama yang akan terjalin selama beberapa tahun ke depan.


Lalu, apa saja isi kesepakatan Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping? Simak inilah selengkapnya.


1. Kerjasama bidang kesehatan


Kerjasama di bidang kesehatan pun menjadi salah satu kesepakatan antara Presiden Jokowi dan Xi Jinping. 


Adanya program pertukaran tenaga kesehatan antar negara pun diharapkan bisa menjadi suatu hal yang baik bagi perkembangan kesehatan di Indonesia.


2. Komoditas tepung porang


Akses pasar internasional untuk ekspor impor komoditas tepung porang pun juga masuk dalam agenda kerjasama Indonesia - Tiongkok. Panganan ini pun kini ramai peminat di berbagai negara.


3. Komoditas bubuk tabasheer


Komoditas lain yang juga menjadi fokus kerjasama pemerintah Tiongkok dan Indonesia adalah akses pasar untuk komoditas bubuk tabasheer.


4. Plant breeding dan budidaya laut


Kerjasama yang juga dijalin oleh pemerintah Indonesia dengan pemerintah Tiongkok adalah pengembangan industri plant breeding dan budidaya perikanan di laut.


5. Pembangunan IKN


Negara Tiongkok sendiri saat ini masih menjadi salah satu kiblat pembangunan negara lain, hal ini yang mmebuat pemerintah Indonesia akhirnya menjalin kerjasama dalam transfer pengetahuan dan pengalaman demi membangun IKN.


6. Kerjasama Two Countries, Twin Parks


Pemerintah Indonesia juga menandatangani MoU kerjasama dengan tajuk "Two Countries, Twin Parks" dengan tujuan Indonesia akan banyak belajar soal pembangunan dengan Tiongkok.


7. Pendidikan bahasa Mandarin


Pendidikan Bahasa Mandarin juga menjadi salah satu nota kesepakatan antara Indonesia dan Tiongkok. Program pertukaran tenaga ahli bahasa pun juga menjadi fokus pemerintah untuk segera dilaksanakan.


8. Investasi industri


Nota terakhir yang menjadi poin penting dari kerjasama Indonesia dan Tiongkok adalah kesepakatan investasi industri yang sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. [Democrazy/suara]

Penulis blog