POLITIK TRENDING

Jokowi Bertolak ke China untuk Bertemu Xi Jinping, Didampingi Luhut-Bahlil

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
TRENDING
Jokowi Bertolak ke China untuk Bertemu Xi Jinping, Didampingi Luhut-Bahlil


DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Chengdu, China, pagi ini. Di China, Jokowi akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.


Jokowi bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (27/7/2023). 


Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.


"Pagi hari ini saya bersama dengan Ibu Negara serta delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Chengdu di RRT. 


Kunjungan saya ke Chengdu untuk memenuhi undangan Presiden XI Jinping dan kunjungan ini juga bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Tiongkok," kata Jokowi dalam jumpa pers sebelum keberangkatan.


Jokowi mengatakan China merupakan mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia. Dia mengaku akan membahas sejumlah agenda dengan Xi Jinping. Apa saja?


"Sejumlah agenda prioritas akan saya bahas dengan Presiden Xi, baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan serta isu-isu regional dan global," ujarnya.


Selain dengan Xi Jinping, Jokowi juga akan bertemu dengan beberapa chief executive officer (CEO). 


Jokowi kemudian akan menghadiri pembukaan FISU World University Games di China.


"Selain dengan Presiden XI Jinping saya juga akan bertemu dengan beberapa CEO pimpinan perusahaan, perusahaan Tiongkok yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia khususnya di sektor hilirisasi industri petrokimia, energi baru terbarukan dan kesehatan.


Saya juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berlaga di sana, dan pada Sabtu pagi insyaallah saya sudah berada di Jakarta," pungkas Jokowi. [Democrazy/detik]

Penulis blog