HOT NEWS POLITIK TRENDING

Elektabilitas Anjlok, Dua Anak Presiden Ini Bisa Selamatkan Anies?

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Elektabilitas Anjlok, Dua Anak Presiden Ini Bisa Selamatkan Anies?


DEMOCRAZY.ID - Teka-teki calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan untuk bertarung di Pilpres 2024 hingga kini masih jadi misteri.


Partai Demokrat, salah satu partai yang mengusung Anies maju capres telah mengirimkan kandidat nama cawapres salah satunya sang ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang  merupakan anak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 


Namun belakangan nama anak presiden lain yakni Yenny Wahid muncul. Yenny merupakan anak mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. 


Namanya mencuat setelah Partai Demokrat memberikan ultimatum pada Anies untuk segera mengumumkan cawapresnya. 


Elektabilitas Anies Turun


Kekuatan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres tampaknya belum terkonsolidasi dengan baik. Hal ini diduga mengakibatkan elektabilitas Anies terun menurun.


Oleh karenanya ketiga partai politik itu diharapkan dapat segera melakukan konsolidasi serta mulai menyosialisasikan Anies ke semua daerah di Indonesia. 


Walau tiga partai itu sudah mendeklarasikan Anies sebagai capres, namun mereka belum pernah menggelar safari politik bersama.


"Ini menjadi salah satu penyebab elektabilitas semakin menurun. Bagi Nasdem ini tidak ada (hubungannya) mempengaruhi tidak ada cawapres," kata Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Rabu (12/7/2023).


"Selama pengumuman (Anies capres) 3 Oktober 2022 oleh Nasdem, kemudian diikuti PKS dan Demokrat belum pernah dilakukan konsolidasi bersama-sama, padahal koalisi sudah terbentuk," sambungnya.


Ali mengungkap bahwa KPP telah sepakat bahwa urusan cawapres diserahkan kepada Anies dan akan diumumkan sendiri olehnya. 


Saat ini Anies disebut masih berkomunikasi dengan sejumlah kandidat cawapres potensial.


Sementara itu hasil sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Anies cenderung mengalami tren penurunan. 


Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) misalnya, menempatkan Anies di peringkat ketiga, kalah dari Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.


Per Juli 2023, elektabilitas Anies dari survei LSI menunjukkan persentase sebesar 21,4 persen alias turun dari bulan April dengan perolehan suara 25,3 persen. 


Peringkat kedua ditempati oleh Ganjar  dengan suara sebesar 32,2 persen dan posisi atas diisi Prabowo Subianto dengan suara sebesar 35,8 persen.


AHY Sudah Digadang Sejak Awal Koalisi


Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah digadang-gadang cocok jadi cawapres Anies sejak KPP terbentuk. 


Putra Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini bahkan sempat mengamini ketika disinggung soal kesiapannya mendampingi Anies dalam Pilpres 2024.


"Kalau ada doa yang baik, harapan yang baik saya amini aja," kata AHY pada 8 Oktober 2022 lalu.


AHY mengatakan sejak awal Demokrat memiliki kedekatan dengan Anies. Walau tidak secara gamblang, tapi kesamaan visi misi cita-cita telah dimiliki dengan Anies dan AHY.


"Saya tentunya hanya ingin menyampaikan bahwa partai Demokrat dan saya pribadi bukan hanya memiliki kedekatan dengan soal Mas Anies Baswedan, tetapi juga di sana-sini memiliki kesamaan visi misi dan juga cita-cita," ujar AHY.


Nama Yenny Wahid Muncul Buat Dongkrak Suara NU


Nama Yenny Wahid santer dikabarkan jadi kandidat cawapres Anies.  Masuknya nama putri Presiden ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam bursa cawapres dinilai dapat mengisi kelemahan Anies terutama di wilayah Jawa Timur yang notabene basis massa Islam Nahdlatul Ulama (NU).


Nasdem menjadi partai yang pertama kali memunculkan nama Yenny Wahid sebagai bakal cawapres Anies. 


Bahkan Waketum Nasdem Ahmad Ali pada Juni 2023 lalu menyatakan dukungannya jika Anies memilih Yenny. 


"Saya secara pribadi akan sangat bahagia jika Anies memilih dia (Yenny Wahid), karena bukan lagi mandat saya sebagai wakil ketua umum partai, tapi mandat itu ada sama Mas Anies," ungkap Ali pada 27 Juni 2023 lalu.


Namun Yenny Wahid enggan berkomentar lebih jauh terkait namanya yang muncul di bursa cawapres Anies. 


Hal itu karena dia juga belum memutuskan ke mana arah dukungannya akan berlabuh pada Pemilu 2024. 


"Saya belum mau menjawab, saya komunikasi dengan semua tokoh partai, tokoh politik. Saya komunikasi dengan semua dan kami belum memutuskan akan mendukung siapa," kata Yenny Wahid. [Democrazy/suara]

Penulis blog