Cawapres Anies Harus Penuhi 'Kriteria 0', PKS Sebut Dua Sosok Ini Paling Memenuhi - DEMOCRAZY News
HOT NEWS POLITIK TRENDING

Cawapres Anies Harus Penuhi 'Kriteria 0', PKS Sebut Dua Sosok Ini Paling Memenuhi

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Cawapres Anies Harus Penuhi 'Kriteria 0', PKS Sebut Dua Sosok Ini Paling Memenuhi


DEMOCRAZY.ID - Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan hingga kini masih belum mengumumkan sosok calon wakil presiden (cawapres) yang mendampinginya di Pilpres 2024.


Anies merupakan bakal calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang dimotori oleh Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat.


Meski belum juga menyebut nama, Anies kembali menambahkan kriteria atau syarat untuk cawapresnya dengan sebutan 'kriteria 0'.


Menurut Anies, kriteria itu adalah tidak bermasalah dan berani. Kriteria ini menambah panjang daftar syarat yang pernah ia sampaikan sebelumnya.


Adapun kriteria tersebut adalah pertama bisa membantu kemenangan, kedua bisa membuat koalisi solid, ketiga memiliki kepribadian yang baik.


Munculnya kriteria 0 yang diungkap Anies menimbulkan tanda tanya di kalangan politikus, siapakah sosok yang memenuhi kriteria tersebut.


Masing-masing partai pengusung Anies Baswedan lalu merasa memiliki kader yang sesuai dengan kriteria tersebut, sehingga layak untuk mendampingi sebagai bakal calon wakil presiden.


Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera menilai kriteria yang dimaksud Anies sebagai kriteria 0 melekat sedikitnya pada dua sosok.


Sosok yang dimaksud Mardani adalah Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).


Lebih dari itu, Mardani menyatakan sepakat dengan kriteria tambahan Anies yakni Kriteria 0. 


Menurutnya, keriteria tersebut menegaskan kalau bacawapres Anies harus memiliki rekam jejak baik di masa lalu.


Rekam jejak masa lalu yang bersih menjadi penting agar sosok bacawapres yang akan diusung ke depannya akan terhindar dari kriminalisasi.


"Bagus. Koalisi Perubahan untuk Persatuan ingin lebih baik. Ingin menegakkan keadilan. Ingin Indonesia maju. Karena itu capres dan cawapresnya mesti tidak dibebani masa lalu," kata Mardani kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).


Senada dengan PKS, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani juga menyatakan setuju dengan Kriteria 0 untuk cawapres yang disebut Anies Baswedan.


Ia mengatakan, kandidat cawapres Anies harus memiliki keberanian dan rekam jejak yang baik di masa lalu.


"Bukan sekedar pemenuhan kebutuhan untuk bisa berlayar, mengingat Koalisi Perubahan ini berbeda dengan selera dan kehendak penguasa. Maka, jika tak bersih dan tak punya keberanian, pasti tersandera," kata Kamhar kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).


Namun berbeda dengan PKS, Kamhar hanya menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang memenuhi persyaratan bakal cawapres yang diajukan Anies.


"Mas Ketum AHY sangat memadai dan memenuhi kriteria ini," ujarnya. [Democrazy/suara]

Penulis blog