AGAMA HOT NEWS ISLAMI TRENDING

Cak Nun Alami Pendarahan Otak, Dilarikan ke RSUP Dr Sardjito

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
HOT NEWS
ISLAMI
TRENDING
Cak Nun Alami Pendarahan Otak, Dilarikan ke RSUP Dr Sardjito


DEMOCRAZY.ID - Budayawan Emha Ainun Nadjib atau akrab disapa Cak Nun dikabarkan jatuh sakit, Kamis (6/7/2023). Cak Nun saat ini mendapat perawatan di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.


Sekretariat Emha Ainun Nadjib dan KiaiKanjeng, Zakki, mengatakan saat ini Cak Nun masih dalam perawatan dokter.


"Masih dalam perawatan dokter. Doakan Mas," ungkapnya saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis malam.


Pihak KiaiKanjeng juga sudah memberikan pernyataan tertulis mengenai kabar Cak Nun sakit.


"Assalamualaikum wr. wb,


Teman-teman semua yang kami hormati, hari ini Mbah Nun sedang istirahat di rumah sakit. Mohon doa dari teman-teman semua agar Mbah Nun segera bisa selesai dari istirahatnya.


Terima kasih banyak. Wassalamualaikum wr. wb Yogyakarta, Kamis 6 Juli 2023," tulis pernyataan resmi, dikutip dari caknun.com.



Dikabarkan Alami Pendarahan Otak


Kabar Cak Nun jatuh sakit awalnya beredar melalui pesan grup WAG Jamaah Maiyah. Bahkan, dalam kabar tersebut, disebutkan Cak Nun sampai tidak sadarkan diri.


"Mohon doanya teman-teman, Cak Nun gak sadarkan diri dirawat di RS Sardjito, ada pendarahan otak. Sungguh mohon keikhlasan doa dari teman-teman semua," tulis pesan dalam grup WhatsApp yang beredar, Kamis (6/7/2023).


Kabar sakitnya Cak Nun sebelumnya juga dibenarkan oleh istrinya, Novia Kolopaking. Novia tidak menjelaskan kondisi atau penyakit yang diderita sang suami. Dirinya hanya mengungkapkan bahwa Cak Nun kurang sehat.


"Iya betul kurang sehat," katanya.


Novia juga mengungkapkan, bahwa pihak keluarga sudah bersepakat agar tim dokter yang menangani Cak Nun lah yang mengungkapkan kondisi pimpinan majelis Jamaah Maiyah tersebut.


“Tapi untuk detail aku belum bisa menjelaskan karena kami sepakat nanti dokter Edy yang akan menjelaskan,” ucap Novia Kolopaking.


Ia pun meminta doa agar sang suami lekas sembuh dari sakitnya.


“Doakan semoga segera pulih,” pintanya.


Terpisah, orang kepercayaan Cak Nun, Gatot Jayu menyebut, Cak Nun hanya kelelahan sehingga harus dirawat.


"Namung kangge istirahat (hanya buat istirahat), kecapekan," katanya.


Senada dengan Novia, Gatot pun enggan menjelaskan penyakit Cak Nun secara detail.


Cak Nun Manusia Multidimensi


Cak Nun mendapat julukan manusia multidimensi karena kepiawaiannya dalam beragam bidang, seperti pemikiran/keilmuan, seni dan sastra, hingga agama. 


Dia terkenal dengan kelompok gamelan Kiai Kanjeng, pengajian Padangmbulan, dan terakhir majelis Maiyah. Tulisannya juga terkenal cerdas, bernas, dan menggelitik.


"Pemihakannya pada wong cilik menempatkan dia pada posisi selalu diawasi. Apalagi ketika Soeharto masih berkuasa. Tapi semakin diawasi dan ditekan, semakin produktif, karyanya banyak dan bermutu," begitu kesan budayawan Taufik Ismail tentang Cak Nun dikutip dari situs Cak Nun.


Cak Nun salah satu tokoh yang diundang Soeharto ke Istana untuk dimintai nasihat menjelang presiden kedua RI itu mengakhiri kekuasaan 32 tahunnya.


Cak Nun menikah dengan Neneng Suryaningsih pada 1978 dan bercerai pada 1985. 


Pasangan ini memiliki anak bernama Noe yang kemudian menjadi vokalis grup Letto. Pada 1997, Cak Nun menikah dengan artis Novia Kolopaking dan memiliki beberapa anak. [Democrazy/Tribun]

Penulis blog