AGAMA HOT NEWS ISLAMI TRENDING

Bagaimana Anies Jadi Undangan Raja, Sementara Ganjar Tidak? Ini Kata Dubes Arab Saudi

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
HOT NEWS
ISLAMI
TRENDING
Bagaimana Anies Jadi Undangan Raja, Sementara Ganjar Tidak? Ini Kata Dubes Arab Saudi


DEMOCRAZY.ID - Anies Baswedan masuk dalam jajaran tamu kehormatan ibadah haji tahun ini. Dia kemudian disambut hangat oleh Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Mina bertepatan hari raya Idul Adha pada Kamis (29/6/2023) waktu setempat.


Tidak hanya Anies, beberapa tokoh dari berbagai negara juga mendapatkan undangan MBS hingga menghadiri pertemuan tersebut. 


Pertemuan ini digelar dengan tamu-tamu seperti para pejabat kerajaan Arab Saudi, kepala pemerintahan, delegasi, tokoh agama, dan figur-figur publik yang menjadi tamu undangan VIP haji tahun 2023.


Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah Al Amudi telah menyampaikan penjelasan tentang kriteria seorang Muslim mendapat undangan haji Raja Salman.


Hal itu dia jelaskan di Jakarta pekan lalu usai melepas 50 warga Indonesia yang mendapat undangan haji Raja Salman.


"Terkait ada kriteria atau tidak, ini dikoordinasikan dengan otoritas terkait di Arab Saudi dan mereka yang akan menentukan. Jadi ini merupakan koordinasi antara yang di sini (Kedubes Saudi di Indonesia) dan otoritas di Arab Saudi," ujar dia.


Saat ditanya apakah warga Muslim biasa bisa mendapat undangan haji Raja Salman, Dubes Al Amudi mengatakan, warga biasa bisa saja mendapat undangan haji Raja Salman. Caranya dengan mengajukan permohonan kepada Kedubes Saudi di Indonesia.


"Tentu dari seluruh lapisan masyarakat bisa saja menyampaikan dan memohon terkait undangan haji seperti ini. Mereka mengajukan permohonan kepada kedutaan," katanya.


Tahun ini dari Indonesia ada 50 orang yang mendapat undangan haji Raja Salman. Pelepasan mereka juga telah dilakukan oleh Kedubes Arab Saudi pekan lalu.


Di antara nama-nama yang terpilih menjadi tamu undangan haji dari Raja Salman adalah Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin Umar, Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan Masjid Istiqlal Bukhori Sail At-Tahiri, Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Harun, Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Arif Purnama Oktora, dan sejumlah nama lain dari berbagai lapisan masyarakat.


Dalam keterangan resmi Saudi Press Agency (SPA) berbahasa Arab, rilis foto-foto Anies bersalaman dengan MBS. 


Selain foto dengan Anies, SPA juga merilis sejumlah foto para tokoh publik di akun Twitter resminya.


"Atas nama Raja Salman Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada hari Kamis menjadi tuan rumah resepsi bagi pejabat negara, kepala lembaga dan delegasi pemerintah, tokoh agama dan pejabat lainnya yang sedang melakukan haji," kata keterangan resmi SPA di akun resmi Twitter @spagov seperti dikutip Jumat (30/5/2023).


Di awal acara yang bertepatan di Istana Mina, putra mahkota berjabat tangan dengan raja Malaysia, presiden Senegal, Bangladesh dan Pakistan, wakil presiden Maladewa, perdana menteri Mesir, Lebanon, Palestina, Somalia dan Niger, dan para pembicara parlemen di sejumlah negara Islam. Dia kemudian menyampaikan pidatonya dihadapan mereka.


"Saya senang, atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz untuk menyambut Anda, dari sekitar Masjidil Haram, dan untuk mengucapkan selamat kepada para peziarah dan umat Islam pada Idul Adha yang diberkahi," kata MBS seperti dilansir laman Arab News. 


Dia mengatakan, Kerajaan Arab Saudi telah melakukan segala upaya dan memanfaatkan semua kemampuan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para peziarah sejak berdirinya. Arab Saudi, kata dia telah diberkati untuk melayani Dua Masjid Sudi dan merawatnya. 


Pendukung Ganjar Tuding Anies Berbohong Naik Haji Diundang Kerajaan Saudi, Ini Kata Sumber Yang Paham




DEMOCRAZY.ID - Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku berangkat pergi haji atas undangan dari Kerajaan Arab Saudi. Pengakuan itu disampaikan Anies dalam wawancara kepada salah satu media televisi nasional 


"Saya mendapat undang kerajaan dari Arab Saudi. Dan bersyukur kita diberikan tempat tinggal di guest house kerajaan di samping Masjidil haram," ujar bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan itu.  


Jarak dari lokasi penginapan ke Masjidi Haram tidak jauh.  "Jadi dari pintu kita tempat tinggal bisa langsung ke Masjidil Haram." 


Ia pun mendoakan agar indonesia bisa lebih baik, lebih adil, dan masyarakatnya semakin makmur. 


"Insya Allah negeri yang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT," kata Anies. 


Kabar Anies mendapat undangan Raja Arab Saudi pun ramai di medsos.  Sejumlah pihak meragukan klaim Anies itu menyebutnya berbohong dan tukang ngibul. 


Bahkan ada yang mengaitkannnya sebagai jamaah haji dari biro perjalanan Dream Tour. 


Namun menurut informasi yang diterima Republika dari orang mengerti soal masalah tersebut di Arab Saudi, Anies memang benar diundang oleh Raja Salman. 


Hal itu bisa dilihat dari kedatangannya, Anies dijemput oleh protokol dan mobil kerajaan. Simbol kerjaan terlihat jelas di kendaraan yang ditumpangi oleh Anies. 


"Jadi iya diundang oleh Kerajaan," katanya. 


Seperti diketahui Raja Salman mengundang 50 orang Indonesia untuk pergi haji. 


Dari 50 jamaah itu, terdapat nama Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar hingga Wakapolres Jakarta Selatan AKBP Harun. 


Iniloh Bukti Undangan Raja Salman Untuk Anies Baswedan


Calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan kini tengah menjalani ibadah haji. Keberangkatan Anies ke Makkah atas undangan Raja Salman bin Abdulaziz.


Hal itu diungkapkan dalam video yang diposting melalui akun Instagram istri Anies. 


Dalam kop surat dijelaskan bahwa Anies Baswedan merupakan tamu Raja Salman untuk Haji 1444 H. Dalam undangan itu, terdapat nama dan foto Anies.

 

Sebelumnya, Anies berangkat haji pada 22 Juni 2023, Anies menunaikan ibadah haji bersama istri dan anak-anaknya.


[VIDEO]



[Democrazy/Rep]

Penulis blog