HOT NEWS POLITIK TRENDING

Anies Beberkan Ada 'Kriteria 0' untuk Cawapresnya, Apa Maksudnya?

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Anies Beberkan Ada 'Kriteria 0' untuk Cawapresnya, Apa Maksudnya?


DEMOCRAZY.ID - Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan membeberkan kriteria bakal cawapresnya untuk 2024. 


Dia menyebut ada kriteria khusus, yakni kriteria 0 yang harus dimiliki oleh bacawapresnya. Apa itu?


Anies mulanya membeberkan beberapa kriteria yang selama ini sudah pernah dia sampaikan. Kriteria pertama, kata dia, bacawapres harus bisa membantunya menang.


"Saya ingin sampaikan begini lagi, saya mencoba dalam keputusan itu pakai kriteria supaya predictable, if you make decision, you really have kriteria itu, jadi 1, dia bisa membantu kemenangan. Masa pasangan yang malah buat kalah gitu, iya kan, nomor 1 dia bisa membantu kemenangan," kata Anies Baswedan kepada wartawan, Kamis (20/7/2023).


Kemudian, Anies memerlukan bacawapres yang bisa membuat koalisi solid. Kemudian, menurutnya, bacawapresnya harus punya visi yang sama dan membantu dalam proses pemerintahan.


"Kedua, dia bisa membuat koalisi solid, ketiga, dia bisa membantu di dalam proses pemerintahan bila ditakdirkan menang. Keempat, dia punya visi yang sama. Jangan sampai visinya beda nanti rutenya beda," ucap Anies.


Kriteria terakhir, Anies juga ingin didampingi oleh sosok yang punya kepribadian baik. Selain itu, chemistry dengan dirinya juga harus baik.


"Yang kelima adalah lebih pada kepribadian, apa chemistry-nya baik. Boleh kan punya chemistry yang baik sehingga bisa jadi dwitunggal, bener kan kira-kira gitu. Lima kriteria itu, dalam proses ini sedang menjalani ini," ujarnya.


Namun Anies mengungkap ada kriteria khusus lainnya. Dia menyebut ini sebagai kriteria 0.


"Saya rasa dalam perjalanannya kelihatannya ada kriteria nomor 0, yaitu dulunya saya memasukkan itu, yaitu tak bermasalah, tak bermasalah dan berani. Karena, kalau ada masalah, mudah sekali kesandung sekarang ini," jelas Anies.


"Jadi kriterianya lima terus muncul kriteria ke-0, (yakni) tak bermasalah. Ternyata itu faktorial sangat penting karena, kalau tidak kepleset-kepleset sepanjang, siapa namanya, ini dia, mudah-mudahan beberapa waktu ke depan bisa selesai, tapi sekarang lagi dibahas kalau yang limanya kelihatannya mudah, yang 0 ini yang lagi dicari supaya aman, cari yang tidak bermasalah," sambung dia. [Democrazy/detik]

Penulis blog