HOT NEWS POLITIK TRENDING

AHY Tegaskan Cawapres Anies Sudah Final, Siapa?

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
AHY Tegaskan Cawapres Anies Sudah Final, Siapa?


DEMOCRAZY.ID - Nama bakal calon wakil presiden yang bakal maju mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024 masih jadi tanda tanya. 


Sejumlah tokoh pun disebut menjadi calon kuat untuk maju mendampingi Anies, salah satunya Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).


Terkait sosok pendamping Anies, AHY bilang saat ini sudah ada keputusan final.


"Ya sebetulnya, terkait usulan atau wacana tentang cawapres, sudah final. Dalam arti tiga partai politik, Demokrat, PKS, dan NasDem, bersepakat sudah, kami tanda tangani yang namanya piagam kesepakatan. Di mana salah satu pasal paling penting adalah menyerahkan kepada capres Mas Anies Baswedan untuk menentukan sendiri cawapresnya," kata AHY setelah menjadi pembicara di Fisipol UGM, Sleman, DIY, Kamis (20/7/2023).


Diketahui, Partai Demokrat saat ini tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama NasDem dan PKS. Koalisi ini mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.


AHY melanjutkan, cawapres Anies harus memenuhi sejumlah kriteria. Terutama harus bisa membawa kans kemenangan yang lebih tinggi dalam Pilpres 2024.


"Nah, jadi itu sudah kita serahkan, sehingga sebetulnya kita menghindari wacana-wacana, terus menjadi liar ke sana-kemari karena kita sangat menghormati pilihan itu. Tentu pilihan yang rasional atas dasar tujuan yang baik dan cara-cara yang baik," ucapnya.


Oleh karena itu, dia bersama dua partai lain menyerahkan pilihan kepada Anies. AHY pun meminta semua bersabar dan menunggu pengumuman dari Anies.


"Kita ingin menunggu waktunya yang tepat, momentum yang tepat pada saatnya akan diumumkan oleh capres kita," pungkasnya.


Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang pantas mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024.


"Saya tentu terus berikhtiar untuk pertama menuju Pemilu 2024 ini kita harus membangun koalisi perubahan karena semangat dan narasi kami adalah perbaikan untuk Indonesia yang lebih baik," kata AHY setelah berziarah di makam Sarwo Edhie Wibowo di Kelurahan Pangen Juru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Kamis (9/3).


"Jadi pertama kita harus meyakinkan perahu koalisi ini bisa terbentuk dan berlayar. Itulah mengapa komunikasi semakin intensif, semakin progresif, dilakukan oleh ketiga partai politik, Demokrat, PKS, dan NasDem. Dan tentu komunikasi yang saya bangun, termasuk dengan Pak Surya Paloh dengan Pak Ahmad Syaikhu dari PKS," sambungnya.


Berbagai elemen terus dimatangkan dalam membangun koalisi agar solid. Meski banyak dinamika dan permasalahan, ia menyebut semuanya bisa dilewati tanpa kendala. [Democrazy/detik]

Penulis blog