Beranda
AGAMA
HOT NEWS
ISLAMI
POLITIK
TRENDING
Terungkap Sosok Panji Gumilang di Masa Lalu, Ini Nama Aslinya


DEMOCRAZY.ID - Sosok pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang belakangan ini mencuri perhatian publik.


Sebagai pemimpin pondok pesantren, Panji Gumilang dinilai kontroversial karena sejumlah perkataan dan perbuatannya dinilai bertentangan dengan umat Islam pada umumnya.


Beberapa kontroversi yang mencuat belakangan ini diantaranya tata cara salat ied di pesantren tersebut yang berbeda, yakni dengan mencampurkan shat laki-laki dan perempuan.


Selain itu, di pesantren Al Zaytun juga terdapat sejumlah doktrin tak biasa, seperti menyanyikan lagu Yahudi, diduga menghalalkan perzinahan dan menyatakan pergi haji tak perlu ke Mekkah.


Akibatnya, ponpes yang ada di Kabupaten Indramayu itu sempat didemo oleh sekelompok orang. Mereka meminta kepada pemerintah agar menutup ponpes itu karena dinilai meresahkan.


Di balik sosoknya yang kini kerap kali mengundang kontroversi, terungkap masa lalu seorang Panji Gumilang.


Masa lalunya dibeberkan oleh seorang pria bernama Endang Rahmat (64) yang merupakan warga Desa mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.


Ketika ditemui awak media pada Rabu (28/6/2023) lalu, Endang mengaku mengenal Panji Gumilang sejak era 1960an. Ketika itu nama Panji adalah Abdussalam.


Pria asal Pendeglang, Banten itu mengaku pernah menjadi tetangga Abdussalam alias Panji Gumilang.


Menurut Endang, pada era 1967-1968, Abdussalam dikenal warga Menes, Banten sebagai salah satu guru yang mengajar di madrasah tsnawiyah.


Sosoknya, lanjut Endang, cukup dihormati dan menjadi panutan anak-anak di wilayah Menes. Hal itu disebabkan karena Abdussalam adalah sosok yang dianggap ulama.


Endang yang usianya 14 tahun lebih muda dari Panji Gumilang atau Abdussalam mengaku sering berkomunikasi dengannya.


Apalagi rumah Panji Gumilang dan Endang di Menes hanya terpaut 4 hingga 5 rumah saja. Itulah yang membuat dirinya sering berinteraksi dengan Abdussalam.


"Beda 14 tahun, ya senior kalau di sini dia Ustad, saya santrinya lah. Agamanya bagus," ujar Endang.


Meski sosok yang dihormati, ujar Endang, Abdussalam bukanlah orang asli Menes. Ia tinggal di daerah itu hanya karena istrinya asli warga Menes.


Namun setelah beberapa tahun tinggal di Menes, sosok Abdussalam atau Panji Gumilang tiba-tiba menghilang di Banten.


Namanya tak lagi terdengar di sana dan seakan hilang begitu saja. Setelah itu, Endang mengaku sempat mendengar desas-desus mengenai Abdussalam, namun ia tak pernah bertemu dengannya.


Endang Muda lantas pergi merantau ke sejumlah daerah hingga akhirnya menetap di Indramayu pada 1981 dan mengajar pencak silat.


Ia mengaku sempat menyaksikan pembangunan Pondok Pesantren Al Zaytun. Namun Endang tak pernah menyangka kalau Panji Gumilang yang belakangan ini menuai kontroversi adalah Abdussalam yang ia kenal dulu. [Democrazy/suara]

Penulis blog