Siapa Cawapres Paling Baik Untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024? Ini Versi Survei SMRC - DEMOCRAZY News
HOT NEWS POLITIK TRENDING

Siapa Cawapres Paling Baik Untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024? Ini Versi Survei SMRC

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Siapa Cawapres Paling Baik Untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024? Ini Versi Survei SMRC


DEMOCRAZY.ID - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya mengenai sosok bakal calon wakil presiden (Bacawapres) di Pilpres 2024.


Hasilnya nama Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut jadi cawapres paling baik untuk Anies Baswedan jika maju di 2024.


Dalam survei ini sebenarnya bertengger paling atas nama Sandiaga Uno bersaing ketat dalam survei tersebut dengan nama AHY. 


Namun kekinian, Sandiaga sudah pindah partai ke PPP dan cenderung mendukung Ganjar Pranowo.


Founder SMRC, Saiful Mujani, memaparkan, jelang Pilpres 2024 hanya ada tiga figur kompetitif yang akan bertarung yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Untuk itu tinggal mencocokan nama cawapres untuk figur tersebut.


Pertama, untuk Anies jika berhadapan dengan Prabowo dan Ganjar, dalam survei ini disebutkan jika Sandiaga Uno dinilai sebagai cawapresnya yang paling baik.


"Untuk Anies berhadapan Ganjar dan Prabowo, 21,9 persen menilai Sandiaga Uno sebagai calon wakil presidennya yang paling baik," kata Saiful dalam keteranganya, dikutip Jumat (30/6/2023).


Sementara menguntit di bawah Sandiaga, ada nama AHY dengan 16,7 persen.


"Yang kompetitif untuk menjadi cawapres Anies adalah Sandiaga Uno dan AHY," tuturnya.


Kendati begitu, Saiful menjelaskan, jika survei ini dilakukan sebelum Sandiaga Uno bergabung dengan PPP. 


Untuk itu, kata dia, nama Sandiaga sekarang tidak bisa dianalisis sebagai cawapres Anies, karena partainya sudah mendukung Ganjar.


"Jika Sandiaga Uno dikeluarkan, maka AHY yang paling kompetitif untuk menjadi pendamping Anies. Selisih suaranya dengan tokoh lain cukup signifikan," ujarnya.


Adapun nama-nama lainnya yakni, Erick Thohir 9,6 persen; Mahfud MD 9 persen; Khofifah Indra Parawansa 6,1 persen; Airlangga Hartarto 5,7 persen; Andika Perkasa 3,5 persen; Ahmad Heryawan 1,9 persen; Said Aqil Siroj 0,8 persen; Yahya Cholil Staquf 0,5 persen; dan masih ada 24,3 persen yang belum menjawab. [Democrazy/suara]

Penulis blog