HOT NEWS POLITIK TRENDING

Inikah Kandidat Kuat Cawapres Anies Yang Akan Diumumkan Selepas Haji?

Democrazy Media
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Inikah Kandidat Kuat Cawapres Anies Yang Akan Diumumkan Selepas Haji?


DEMOCRAZY.ID - Anies Baswedan dikabarkan akan mengumumkan tokoh yang akan mendampinginya sebagai cawapres selepas melaksanakan ibadah haji. Inikah kandidat kuat cawapres Anies tersebut?


Kabar Anies akan mengumumkan cawapres usai ibadah haji itu terungkap usai pertemuan Tim 8 atau tim kecil bentukan partai-partai di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Pertemuan itu digelar pada Rabu (21/6) di Sekretariat KPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


Hadir dalam acara tersebut yakni Sugeng Suparwoto hingga Willy Aditya mewakili NasDem, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman.


Juru Bicara Anies, Sudirman Said, mengonfirmasi kalau cawapres sudah mengerucut satu nama dan akan diumumkan sepulang ibadah Haji.


"Siapa tahu setelah dari Haji, Pak Anies punya pikiran gitu yang akhirnya muncul hari untuk pengumuman itu juga menjadi dipersiapkan," kata Sudirman di Sekretariat KPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023).


"Kita doakan ya, mudah-mudahan demikian," tambahnya.


Sudirman mengatakan, meski belum diputuskan waktunya, semuanya tetap harus dipersiapkan. Pihaknya akan mempersiapkan seputar hal teknis pengumuman cawapres Anies tersebut.


"Walaupun belum diputuskan tanggalnya, tetapi sejak sekarang sudah harus dipersiapkan mengidentifikasi tempat, acaranya bagaimana, jadi hal teknis kita kerjakan," sebutnya.


Namun Sudirman belum merincikan terkait sosok cawapres Anies tersebut. Dirinya mengatakan tidak semua hal harus diungkapkan.


"Kata orang bijak mystery is power. Jadi tidak semua dikemukakan gitu lah," sebutnya.


Di kesempatan yang sama, Sugeng Suparwoto menyebut pembahasan cawapres Anies sudah rampung. 


Ia bicara kemungkinan pendeklarasian cawapres dilakukan usai Anies melakukan ibadah haji.


"Soal pembahasan cawapres sudah dapat dikatakan selesai. Nama-nama yang diusulkan oleh partai koalisi dan masukan masyarakat telah selesai kami kaji secara mendalam. Satu nama sudah di kantong Bacapres Anies, mari kita tunggu siapa tahu sekembali Pak Anies dari ibadah haji akan ditentukan momentum terbaik untuk mendeklarasikan Pasangan Capres-Cawapres Koalisi Perubahan," tutur Sugeng.


Sementara itu, Teuku Riefky mengatakan Partai Demokrat siap untuk berkolaborasi dengan seluruh anggota koalisi dan relawan Anies Baswedan. Menurutnya konsolidasi di awal adalah langkah yang penting.


"Struktur dan kader Partai Demokrat telah merapatkan barisan bersiap untuk turun bersama dengan para kader Partai Koalisi, dan Relawan Pro Perubahan di seluruh Indonesia. Konsolidasi awal diperlukan untuk persiapan Kegiatan Pemenangan dan Antisipasi Kecurangan," ucap Teuku.


Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman menyebut arahan Anies Baswedan merupakan bentuk kepastian bahwa KPP terus melaju. Timnya siap untuk memenangkan Anies di Pilpres mendatang.


"Pembahasan rapat ini menandakan tahapan kerja politik Koalisi Perubahan berjalan secara konstruktif dan progresif. Bismillah, Kami siap berlayar menuju kemenangan Pilpres 2024." tutup Sohibul.


Kandidat Cawapres Anies


Terkait sosok cawapres pendamping Anies Baswedan yang bakal diumumkan dalam waktu dekat? detikcom mencoba mewawancarai beberapa petinggi PKS, PD dan NasDem terkait cawapres pendamping Anies Baswedan beberapa waktu lalu. 


Namun demikian hampir semuanya memilih menunggu pengumuman resmi dari sang capres.


Pernyataan paling maju disampaikan ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yang menyatakan 80 persen cawapres pendamping Anies Baswedan di antara tiga nama yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan (Aher), dan Khofifah Indar Parawansa.


Isu santer di antara tiga nama itu cawapres pendamping Anies kemungkinan berinisial A. Inisial A yang pertama, Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan Ketua Umum PD saat ini seperti memegang kunci tiket pencapresan Anies. Namun ada juga Ahmad Heryawan yang didorong PKS jadi cawapres pendamping Anies.


Lantas apakah cawapres pendamping Anies bakal benar-benar tokoh berinisial A atau nama lainnya? 


Dan yang paling penting apakah cawapres pendamping Anies nantinya bisa mendongkrak elektabilitas seperti yang diharapkan? [Democrazy/detik]

Penulis blog