GLOBAL HOT NEWS TRENDING

Geger! FBI Sebut Bos Wagner Pelaku Kudeta Rusia Terkait RI

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
HOT NEWS
TRENDING
Geger! FBI Sebut Bos Wagner Pelaku Kudeta Rusia Terkait RI


DEMOCRAZY.ID - Sosok bos Wagner, Yevgeny Prigozh, ternyata masuk radar pencarian Biro Investigasi Federal (Federal Bureau of Investigation/FBI). Penampakannya bahkan terpampang di situs resmi badan Amerika Serikat (AS) itu.


"Dicari FBI," tulis pengumuman tersebut dilihat CNBC Indonesia, di fbi.gov, Rabu (28/6/2023).


"Yevgeny Viktorovich Prigozhin, Konspirasi Penipuan di Amerika Serikat," tulis pengumuman itu lagi sambil memaparkan wajahnya.


Pada pengumuman itu, dimuat juga deskripsi tentang dirinya. FBI pun mengumunkan akan memberi hadiah US$ 250.000 (sekitar Rp 3,7 miliar) terhadap informan.


Namun ada yang menarik. Di kolom "remarks" dimuat kalau ia, selain berbahasa Rusia, memiliki hubungan dengan Indonesia dan Qatar.


"Prigozhin berbicara bahasa Rusia dan memiliki hubungan dengan Rusia, Indonesia, dan Qatar," tegas file FBI.



Sayang tak ada penjelasan lebih lanjut detail relasinya dengan RI. Namun, di pengumuman yang sama, FBI mengatakan bahwa Prigozhin merupakan penyandang dana utama Internet Research Agency (IRA) yang berbasis di St. Petersburg, Rusia.


"Yevgeny Prigozhin dicari oleh FBI atas dugaan keterlibatannya dalam konspirasi untuk menipu AS dengan merusak, menghalangi, dan menggagalkan fungsi sah Komisi Pemilihan Federal, Kementerian Kehakiman AS, dan Kementerian Luar Negeri AS. Ini terjadi di Washington D.C, dari awal tahun 2014 hingga 16 Februari 2018," belas FBI lagi.


"Dia diduga mengawasi dan menyetujui operasi campur tangan politik dan pemilu IRA di AS yang meliputi pembelian ruang server, pembuatan ratusan persona online fiktif, dan penggunaan identitas curian warga AS. Tindakan tersebut diduga dilakukan untuk menjangkau sejumlah besar warga Amerika Serikat dengan tujuan mengganggu sistem politik AS, termasuk Pemilu Presiden 2016," katanya.


"Pada 16 Februari 2018, surat perintah penangkapan federal dikeluarkan untuk Yevgeny Prigozhin di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia setelah dia didakwa dengan konspirasi untuk menipu Amerika," tambahnya. [Democrazy/CNBC]

Penulis blog