DEMOCRAZY.ID - Direktur Studi China-Indonesia Center of Economic and Law Studies (Celios) M Zulfikar Rakhmat menyebutkan ada dua proyek kerja sama antara Indonesia dan Cina yang paling bermasalah. Proyek tersebut adalah Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan nikel di Morowali. “Saya melihat pertama ya kereta cepat. Karena dari segi efisiensi. Ini prosesnya saja sudah banyak salahnya,” ujar Zulfikar dalam acara Peluncuran Policy Paper Celios, di Hotel Ashley Wakhid Hasyim, Jakarta Pusat, pada Kamis, 15 Juni 2023. Kalau pun nanti proyek yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia China itu beroperasi, kata Zulfikar, balik modal akan butuh waktu lama. Kemungkinan lainnya, tiket kereta dibanderol mahal dan masyarakat belum tentu mampu membelinya. “Ditambah lagi aksesibilitas dari kereta itu juga kurang, serta bunganya komersial,” kata dia. Namun, Zulfikar menjelaskan, sebenarnya Indonesia masih mampu membayar proyek KCJB. “Cuma ya harus utang lagi gitu. Jadi utang untuk nutup utang. Tapi
DEMOCRAZY.ID - Direktur Studi China-Indonesia Center of Economic and Law Studies (Celios) M Zulfikar Rakhmat menyebutkan ada dua proyek kerja sama antara Indonesia dan Cina yang paling bermasalah. Proyek tersebut adalah Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan nikel di Morowali. “Saya melihat pertama ya kereta cepat. Karena dari segi efisiensi. Ini prosesnya saja sudah banyak salahnya,” ujar Zulfikar dalam acara Peluncuran Policy Paper Celios, di Hotel Ashley Wakhid Hasyim, Jakarta Pusat, pada Kamis, 15 Juni 2023. Kalau pun nanti proyek yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia China itu beroperasi, kata Zulfikar, balik modal akan butuh waktu lama. Kemungkinan lainnya, tiket kereta dibanderol mahal dan masyarakat belum tentu mampu membelinya. “Ditambah lagi aksesibilitas dari kereta itu juga kurang, serta bunganya komersial,” kata dia. Namun, Zulfikar menjelaskan, sebenarnya Indonesia masih mampu membayar proyek KCJB. “Cuma ya harus utang lagi gitu. Jadi utang untuk nutup utang. Tapi