HEALTH

VIRAL Metode Pengobatan Ida Dayak, Ini Peringatan dari Dokter Bedah Tulang

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HEALTH
VIRAL Metode Pengobatan Ida Dayak, Ini Peringatan dari Dokter Bedah Tulang


DEMOCRAZY.ID - Nama wanita asal Kalimantan Timur, Ida Dayak akhir-akhir ini masih menjadi perbincangan hangat publik karena video metode pengobatan penyakit tulangnya yang viral.


Ida Dayak sering datang ke wilayah-wilayah untuk mendatangi undangan masyarakat dan tidak memasang tarif.


Fenomena pengobatan Ida Dayak ini menarik perhatian doter spesialis tulang yakti dr. Asa Ibrahim. 


Melalui akun TikToknya, ia menyoroti penyakit tulang yang diobati oleh Ida Dayak.


Dr. Asa Ibrahim mengaku keran karena pengobatan Ida Dayak yang bisa mengobati orang patah tulang dengan cara ditarik saja langsung sembuh. 


Hal itu ia beberkan sambil melihatkan aksi Ida Dayak menyembuhkan pasien.


"Sendi palsu ini dia bisa digerak-gerakan tapi tidak nyeri, itu penting. Jadi bisa dilihat tadi di video orangnya sampai ketawa-ketawa, sampai santai-santai karena memang dia digerak-gerakan tidak nyeri," ujar dr. Ada Ibrahim.


Ia juga menjelaskan di bagian akhir video tersebut terdapat bapak-bapak yang tangannya menjadi bengkok lagi dan harus dipegang.


Dr. Asa Ibrahim menyarankan agar pasien tersebut dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa oleh dokter.


"Jadi sebaiknya cepat berobat ke dokter untuk difiksasi, untuk dibenerin tulangnya supaya tegak lagi, tidak bengkok. Seperti itu," lanjutnya.


Melihat hal itu, dr. Asa Ibrahim kembali membahas kasus serupa yakni fenomena pengobatan Ponari. 


Saat itu banyak pasien yang justru tambah sakit bahkan meninggal dunia setelah diobati Ponari.


"Sekedar mengingatkan, ribuan orang pernah kegocek, ponari jadi kaya raya. beberapa pasien sempat ada yang tambah parah bahkan sampe meninggal. Pasien2nya? ya berobat lagi ke dokter ujung2nya," tulisnya lewat Twitter.


“Menarik sebenarnya fenomena2 seperti ini, kita liat aja nanti endingnya. Yg namanya medis kadang emang saklek, ada penyakit yg ga bisa sembuh kalo ga dioperasi. Byk org yg ga bisa menerima itu, akhirnya percaya dgn yg KATANYA bisa menyembuhkan tanpa operasi, manusiawi sekali," pungkasnya.


Pesulap Merah Bongkar Fakta Tentang Ida Dayak


Pesulap Merah yang kerap membongkar rahasia dan trik kesaktian pesulap dan dukun akhirnya ikut mengungkap fakta tentang ida Dayak.


Bahkan Pesulap Merah mengungkap pekerjaan sebenarnya Ida Dayak. Ia mengatakan Ida Dayat hanyalah seorang ahli pijat.


"Tentang IDA DAYAK, pengobatannya ya ahli pijat tulang pada umumnya, semua ahli perbaikan tulang juga memang begitu keahliannya," kata Pesulap Merah di akun Instagram pada Rabu (5/4/2023).


Tak hanya itu, soal minyak bintang yang digunakan oleh Ida Dayak untuk pengobatan juga menjadi sorotan. 


Ada yang mengatakan bahwa minyak tersebut bisa mengeluarkan darah kotor pasien.


Pesulap Merah juga menjelaskan tentang minyak yang digunakan oleh Ida Dayak itu.


"Terus kalo tentang cairan minyak yang katanya bisa ngeluarin darah kotor itu udah lama gue bongkar kebohongannya di ILMU MERAH, tapi alhamdulillah belakangan ini IDA DAYAK udah nggak pernah lagi praktekin trik itu dan lebih fokus ke keahlian membetulkan tulang yang geser atau tidak sesuai tempatnya," lanjutnya.


Diberitakan sebelumnya, wanita asal Kalimantan Timur atau yang kerap dikenal dengan Ida dayak sungguh diluar nalar, Pasalnya, penyembuhan yang dilakukan Ida Dayak tak menggunakan peralatan atau obat-obatan yang selama ini dilakukan dunia medis.


Saat melakukan ritual pengobatan alternatifnya, Ida Dayak kerap menggerakan anggota tubuhnya, dengan melakukan pemijatan pada bagian tubuh yang merasa sakit atau bermasalah.


Lalu, dengan memberikan olesan minyak berwarna merah atau Ida dayak kerap menyebutnya dengan Minyak Bintang dan ajaibnya bagian tubuh yang sakit tak berapa lama sembuh seperti sedia kala, atau pada tangan seorang anak yang bengkok pun lurus kembali dan sempat viral di media sosial TikTok. [Democrazy/TvOne]

Penulis blog