UTANG Jepang telah melakukan kajian, habis duit 3,5 juta dollar. 2014 mereka memberikan proposal 6,2 milyar dollar, utang 75%, 40 tahun, bunga 0,1%. 2015, China mendadak menyalip dong. Ngasih proposal 5 milyar, dikasih utang 75%, 50 tahun, bunga 2%. Transfer teknologi, dll, dsbgnya. Pilih mana Jepang atau China? Pemerintah memutuskan ambil China. 5-6 tahun kemudian apa yang terjadi? Biaya pembangunan bengkak blas, menjadi 7 milyar dollar lebih. Proses pembangunan mundur berkali2. Dan kereta tidak sampai kota Bandung. Hanya melipir di bawahnya. Saya sih sudah sejak lama tahu, bunga 2% itu 'tipu-tipu'. Karena kesepakatannya, 2% jika utangnya dgn USD, 3,5% jika Yuan. Dan China tidak bego, yes! Mending gw kasih utang Yuan saja. Dus, bunganya 3,5%. Pemerintah +62 nego dong, dikasih 3,4%. Mana mau China nurunin bunga jadi 2% apalagi 0,1%. Ngimpi. Bayangkan, nyicil utang dgn bunya 3,4% versus 0,1%. Dengan utang 60 trilyun lebih, bunga 3,4%, maka proyek kereta cepat harus bayar bunga ...
UTANG Jepang telah melakukan kajian, habis duit 3,5 juta dollar. 2014 mereka memberikan proposal 6,2 milyar dollar, utang 75%, 40 tahun, bunga 0,1%. 2015, China mendadak menyalip dong. Ngasih proposal 5 milyar, dikasih utang 75%, 50 tahun, bunga 2%. Transfer teknologi, dll, dsbgnya. Pilih mana Jepang atau China? Pemerintah memutuskan ambil China. 5-6 tahun kemudian apa yang terjadi? Biaya pembangunan bengkak blas, menjadi 7 milyar dollar lebih. Proses pembangunan mundur berkali2. Dan kereta tidak sampai kota Bandung. Hanya melipir di bawahnya. Saya sih sudah sejak lama tahu, bunga 2% itu 'tipu-tipu'. Karena kesepakatannya, 2% jika utangnya dgn USD, 3,5% jika Yuan. Dan China tidak bego, yes! Mending gw kasih utang Yuan saja. Dus, bunganya 3,5%. Pemerintah +62 nego dong, dikasih 3,4%. Mana mau China nurunin bunga jadi 2% apalagi 0,1%. Ngimpi. Bayangkan, nyicil utang dgn bunya 3,4% versus 0,1%. Dengan utang 60 trilyun lebih, bunga 3,4%, maka proyek kereta cepat harus bayar bunga ...