HOT NEWS TRENDING

Malaikat Takut Dengan Iblis, Rocky Tebak Siapa 'Beking' Kuat Ketua KPK Firli Bahuri

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
TRENDING
Malaikat Takut Dengan Iblis, Rocky Tebak Siapa 'Beking' Kuat Ketua KPK Firli Bahuri


DEMOCRAZY.ID - Pengamat politik Rocky Gerung menyinggung siapa beking kuat Ketua KPK Firli Bahuri sehingga dia seolah selalu bisa lolos dari setiap persoalan.


Rocky menyadari, usai kasus kebocoran dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM, banyak orang kemudian bertanya-tanya apakah kali ini Ketua KPK Firli Bahuri bakal bisa lolos atau tidak dari jeratan hukum.


Menurut Rocky, sebenarnya saat ini agak susah bagi Ketua KPK Firli Bahuri untuk menghindari dari aspek pidana, lantaran hal ini soal dokumen dan adanya bukti-bukti tentang percakapan.


"Dia akan berakhir tragis, terlalu banyak keistimewaan yang dipamerkan oleh dia berkali-kali. Dia dilaporkan berkali-kali, dia melanggar etik, tapi selamat terus. Dan ini petunjuk bahwa Firli di belakangnya ada desain kekuasaan yang membackup dia tuh," kata Rocky di saluran Youtube-nya, dikutip Jumat 14 April 2023.


Bagi dia, saat ini kekuasaan di belakangnya tengah melemah. Dan Rocky merasa, pimpinan Firli dalam hal principal sudah mulai tak nyaman pula dengan sikapnya yang membahayakan.


"Nah sekarang kekuasaan itu melemah, dan kita tahu bahwa kekuasaan tertinggi pasti adalah perintah tidak langsung dari Jokowi. Dan Jokowi mungkin mulai merasa bahwa 'Aduh ini bahaya nih kalau dia terus bermasalah'," kata Rocky.


Bagi dia, jika Firli selamat, itu artinya Jokowi memang punya kepentingan besar dengan KPK.


"Bukan sekedar pidana, tapi pertanggungjawaban Jokowi, kenapa Firli enggak pernah nggak bisa ditangkap?" katanya.


"Kira-kira begitu nanti pertanyaan di ujung nanti, mungkin menjelang 2024. Kan ada pertanyaan kenapa Firli enggak bisa ditangkap?"


Jokowi sebagai tokoh politik utama dinilai Rocky akan ramai dipertanyakan mengapa seolah ada proteksi terhadap Firli, sehingga beliau tidak bisa diproses secara hukum.


Rocky berpendapat Firli akan menjadi game changer dalam penegakan hukum di Tanah Air. 


Apalagi kasus ini terus disorot masyarakat sipil yang sejak awal mendukung KPK dalam keadaan apapun.


Sehingga menjadi wajar baginya jika publik tetap memiliki hak untuk mempersoalkan integritas dari komisioner dan pejabat-pejabat tinggi di KPK, termasuk sikap Dewan Pengawas yang dinilainya selalu mencla-mencle.


Rocky mengaku heran dengan sikap Dewan Pengawas yang seolah kalah kedudukannya ketimbang Ketua KPK Firli Bahuri. 


"Malaikat-kok takut untuk menegur iblis, kan kira-kira begitu. Karena dia ini sudah digambarkan sebagai iblis, yang mampu untuk menghindar dari segala macam," lanjutnya.


Momen gencarnya bidikan publik soal kasus Firli dianggap sebagai momen tepat bagi dirinya untuk mundur. 


Apalagi karena sangkutan kasus pidana. Jika Ketua KPK Firli Bahuri mundur lebih awal, dia menilai integritasnya tak akan babak belur. [Democrazy/poskota]

Penulis blog