HEALTH PERISTIWA POLITIK TRENDING

2 Ahli Spiritual Bongkar Fakta Minyak Bintang Ida Dayak, Tak Disangka Ternyata...

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HEALTH
PERISTIWA
POLITIK
TRENDING
2 Ahli Spiritual Bongkar Fakta Minyak Bintang Ida Dayak, Tak Disangka Ternyata...


DEMOCRAZY.ID - Spiritualis Dayak Bunda Norma mengungkap aksi di balik menari Ida Dayak sebelum melakukan aksi pengobatan dilakukan termasuk soal minyak bintang yang fenomenal itu.


Menurut pandangan dan kepercayaan orang Dayak, aksi Ida Dayak menari bukan tanpa alasan. Sebab menari dianggap sebagai sebuah keniscayaan.


Aksi menari Ida Dayak juga disebut akan dilakukan saat melakukan sejumlah aktivitas spiritual, mulai dari mengobati orang sakit, upacara gaib hingga kegiatan adat lainnya.


"Itu memang khas dari Dayak Paseh kalau mengobati apapun mereka menari. Tetapi menarinya bukan tarian adat, tergantung saja dia mau menari apa intinya terserah orang yang mengobati."


"Tapi itu sugesti yang dilakukan saat butuh dukungan batin dalam menghadapi semua persoalan kepada para leluhur," kata Bunda Norma dalam keterangannya disitat saluran Youtube, Senin 10 April 2023.


Bukan cuma menari, imbuhan aksi menengadahkan tangan ke langit yang dilakukan Ida juga dianggap satu paket. Dia menyebut bagian lengkap dari doa dan tarian.


Norma kemudian menyinggung sejumlah hal unik dari apa yang dilakukan Ida. 


Sebut saja penggunaan kostum khas daerah Dayak. Menurut Norma kostum yang dipakai Ida Dayak juga tak sembarangan. 


"Pakaian adat itu tak bisa asal pakai. ada ritual tertentu untuk mengenakannya. Ini jadi sugersti kita juga sebagai orang Dayak. Tiap daerah tentu punya khas masing-masing," katanya.


Senada disampaikan spiritualis Dayak lainnya Dewi Rantian. Menurut dia, penggunaan baju adat biasa digunakan untuk memanggil leluhur ketika seseorang butuh bantuan agak keras. 


Penggunaan baju adat atau ritual-ritual tertentu juga dianggap tak asal sembarang begitu saja.


Sebab tiap masalah dan permintaan sudah lengkap dijabarkan secara turun temurun, termasuk apa saja yang dibutuhkan untuk memanggil leluhur.


"Misal mau obati ini atau panggil leluhur ini, sudah dikasih tahu dari turun temurun kita siapkan makanan ini, sesajennya ini, dan pakai baju adat ini atau warna itu," kata dia.


Akan tetapi Dewi Rantian menegaskan tak sembarang orang di suku Dayak yang menguasai ilmu-ilmu tertentu, seperti halnya Ida yang mampu mengobati patah tulang atau tulang bergeser. 


Kata Dewi, biasanya kemampuan yang dimiliki Ida Dayak karena adanya faktor keturunan.


"Dan kalau Ida Dayak, kalau dari keturunan dia memang berasal dari keturunan para pengobatan tradisional Dayak. Leluhurnya memang bisa, akhirnya turun ke dia," katanya.


Minyak Bintang Ida Dayak 


Norma di kesempatan itu kemudian menyinggung bagaimana minyak Bintang menjadi andalan Ida Dayak dalam mengobati pasiennya.


Menurut dia, asal usul Ida Dayak berasal dari wilayah Dayak Paseh. Lokasinya ada di wilayah Tanah Grogot, Penajam Paser. 


Adapun kata dia, warga Dayak Paseh memang menguasai ilmu pembuatan minyak bintang, termasuk penguasaan segala ritual khususnya.


"Di antara banyak minyak paling manjur memang minyak bintang yang diramu khusus yang paling ampuh. Jadi minyak bintang itu dibuat dengan ritual khusus, dan dibuat di waktu-waktu tertentu," katanya.


Itu artinya proses pembuatan minyak bintang yang dilakukan Ida Dayak tak bisa sembarang waktu. 


Karena dalam satu bulan, hanya ada beberapa hari saja yang bisa dilakukan untuk pembuatan minyak bintang. [Democrazy/poskota]

Penulis blog