PERISTIWA

Beredar Poster Penjual Dawet Viral Usai Tragedi Kanjuruhan Diduga Kader PSI, Petinggi Buka Suara

DEMOCRAZY.ID
Oktober 12, 2022
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
Beredar Poster Penjual Dawet Viral Usai Tragedi Kanjuruhan Diduga Kader PSI, Petinggi Buka Suara

Beredar Poster Penjual Dawet Viral Usai Tragedi Kanjuruhan Diduga Kader PSI, Petinggi Buka Suara

DEMOCRAZY.ID - Suara wanita misterius yang mengaku penjual dawet sempat viral usai Tragedi Kanjuruhan. 


Sosok wanita tersebut akhirnya terungkap setelah dirinya meminta maaf kepada salah satu keluarga korban bernawa Masnawi atau Nawi, yang merupakan dirigen Curva Nord Arema.


Permintaan maaf itu diunggah oleh akun Twitter @AremaniaCulture


Tak hanya itu, ada warganet yang mengunggah poster sosok wanita penjual dawet dengan latar belakang Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Malang.


"Masih ingat rekaman suara yang viral memberikan kesaksian terkait tragedi di kanjuruhan dan mengaku sebagai penjual dawet? Berikut video yang bersangkutan meminta maaf ke salah satu keluarga korban yaitu mas Nawi Curva Nord. Penjual dawet PNS, ya?" demikian tulisan akun Twitter @AremaniaCulture dan telah mengizinkan detikJatim untuk mengutipnya.


Akun pengunggah video itu dalam utasnya juga sempat menyinggung tentang siapa sebenarnya sosok wanita penjual dawet itu. Di dalam video wanita itu memakai baju terusan warna cokelat seperti seragam PNS dengan hijab berwarna abu-abu.


"Rekamannya viral mengaku penjual dawet di Gate 3 Kanjuruhan. Dalam pengakuannya menyebut bahwa Aremania mengeroyok polisi & memakai miras serta narkoba. Stlh ditelusuri penjual dawet tersebut tak pernah ada.


Sampai H+9 ketahuan datanya kemudian rumahnya dijaga ketat polisi.



Kabarnya yang bersangkutan adalah PNS & salah satu anggota partai. Inisialnya Ibu SF Bro & Sist 👋


Sorry Bro & Sist ternyata bukan PNS tapi Wakil Rakyat 👌🏼"



Membalas utas tersebut, salah seorang pengikut akun @AremaniaCulture meminta agar admin membocorkan foto wajah si wanita penjual dawet untuk dijadikan banner. 


Permintaan akun @EbesOngis itu lantas dibalas akun lain @17Fackboy dengan mengirimkan sebuah poster wanita diduga si penjual dawet.


Wanita di dalam poster ucapan selamat dan sukses Harlah ke-94 Nahdlatul Ulama itu bernama Suprapti Fauzi. 


Termuat juga jabatan perempuan tersebut yakni Wakil Ketua DPD PSI Kabupaten Malang.


Mengenai poster wanita tersebut, Ketua DPD PSI Kota Malang Achmad Faried mengaku sudah mengetahui utas Twitter yang viral tersebut. 


Dia menyebutkan, Suprapti merupakan relawan Surya Cakra pada Pemilu 2019 hingga akhirnya sempat direkomendasikan menjadi pengurus.


"Benar memang si Prapti itu. Prapti itu dulu relawannya Surya Cakra pada saat Pemilu 2019. Terus karena kabupaten pengurusnya saat itu kosong, sempat direkomendasikan untuk jadi pengurus, tapi prosesnya sudah sejauh mana, sudah di-SK apa belum, saya tidak tahu," ujar Faried dikonfirmasi detikJatim, Rabu (12/10/2022).


Ia menambahkan, bahwa Suprapti itu sudah tidak aktif dalam partai sejak 2020 lalu. 


Dia pun menyayangkan poster yang diviralkan adalah poster Suprapti yang memuat logo PSI di pojok kanan atas gambar itu.


"Yang jelas dia tidak aktif mulai tahun 2020-an akhir itu sudah tidak aktif. Sekarang kenapa yang diviralkan kok foto yang ada logo PSI-nya dan itu pun juga foto di tahun 2020. Nah, ini membuat saya berpikir apakah ada kelompok tertentu yang ingin menjatuhkan nama PSI?" Ujar Faried.


Ia pun menegaskan bahwa Suprapti tidak menjadi bagian dari struktural PSI di Kabupaten Malang. 


Meski demikian ia meminta hal ini agar dikonfirmasi ulang agar lebih jelas.


"Yang jelas struktural sekarang bukan dia. Dan kalau pun dia masih anggota pun saya tidak tahu karena di kabupaten. Ini bisa dikonfirmasi ke ketuanya (PSI Kabupaten Malang) tapi yang jelas kalau saya secara pribadi, ya, indikasinya ke sana," ujarnya. 



[Democrazy]

Penulis blog