POLITIK

APDESI Kubu Surta Wijaya Beberkan Bagaimana Luhut Bisa Jadi Dewan Pembina di Kelompoknya

DEMOCRAZY.ID
April 01, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
APDESI Kubu Surta Wijaya Beberkan Bagaimana Luhut Bisa Jadi Dewan Pembina di Kelompoknya

APDESI Kubu Surta Wijaya Beberkan Bagaimana Luhut Bisa Jadi Dewan Pembina di Kelompoknya

DEMOCRAZY.ID - Sekretaris Jenderal Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kubu Surta Wijaya, Anwar Sadat, menjelaskan bagaimana Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bisa menjadi Dewan Pembina di organisasinya. 


Ia mengatakan Luhut bergabung dengan organisasi tersebut sejak November 2021. 


"Baru lima bulan (Luhut bergabung di APDESI), jangan dikaitkan dengan kepemimpinan APDESI yang lama," ujar Anwar saat dihubungi, Jumat, 1 April 2022. 


Anwar menjelaskan, perkenalkan mereka dengan Luhut berawal saat Surta Wijaya berkoordinasi dengan beberapa menteri hingga anggota DPR dan MPR sebelum pelantikan organisasi. 


Konsolidasi itu untuk meminta arahan juga dukungan penguatan organisasi. 


"Terbukanya lewat audiensi itu. Di sana kami memberikan sodoran (jadi Dewan Pembina)," kata Anwar. 


Setelah Luhut menjadi Dewan Pembina, Anwar mengatakan organisasi APDESI mendapat kemudahan berkoordinasi dengan Kementrian yang berada di bawah naungan Luhut. 


Seperti saat ada masalah keuangan dan dana desa, Anwar mengatakan Luhut bakal menyampaikan kendala itu ke Kementrian Keuangan.  


Saat ditanya apakah Luhut merupakan pihak yang memberikan intruksi untuk deklarasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi 3 periode, Anwar membantahnya. Ia mengatakan ide deklarasi datang dari para anggota APDESI. 


"Itu bentuk ekspresi anggota. Kami kan tidak bisa melarang, tugas kami mengakomodir aspirasi pengurus dan kepala desa. Kalau konstitusi membolehkan, menyampaikannya tidak kan," ujar Anwar. [Democrazy/tmp]

Penulis blog