POLITIK

Megawati: Saya Itu Berani Bukan Karena Sombong, Tapi Punya Keyakinan!

DEMOCRAZY.ID
Maret 26, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Megawati: Saya Itu Berani Bukan Karena Sombong, Tapi Punya Keyakinan!

Megawati: Saya Itu Berani Bukan Karena Sombong, Tapi Punya Keyakinan!

DEMOCRAZY.ID - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menjelaskan kisah perjalanannya selama berkiprah dalam politik. 


Ia mengatakan, perjalanannya di dunia politik tak terlepas dari sang ayah, Ir Sukarno atau Bung Karno, yang menganggap politik merupakan seni dalam kehidupan, salah satunya dengan berbicara.


"Dengan politik, artinya kalau saya lihat politik, saya sendiri berpikir lucu ya orang permainan politik. Karena kalau kok saya dengar dari bapak saya, politic is art, politic is life," kata Megawati dalam pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA ) periode 2021-2026 secara virtual, Sabtu (26/3).


"Saya bilangnya apa itulah yang namanya apa, kita berpolitik dengan mulut, saya bilang, kok pakai ditanya-tanya orang, saya belajarnya juga bahkan dari Bung Karno, kalian bisa Pancasila kalau bukan dari Bung Karno dari mana kamu tahu Pancasila," lanjutnya.


Ketum PDIP ini menjelaskan ia berani berbicara bukan karena sombong. 


Namun, Megawati memiliki keyakinan dan niat yang baik.


"Nah, ini mulut berpolitik tahu enggak? kalian apa berani berhadapan seperti itu, saya kenapa berani? bukan sombong karena saya punya keyakinan." -Megawati Soekarnoputri


Dia mencontohkan saat diperiksa oleh penyidik di Kejaksaan Agung untuk memperdalam suatu kasus. 


Saat itu, ia bertanya kepada penyidik apakah akan ditahan atau dipulangkan.


"Saya niat ketika di Kejaksaan kok enggak dipura-purain (dipermudah -red), sudah kita ini berdebat dari pagi sampai malam, kalau saya mau ditangkap, tangkap saja, ngapain saya tulisan apa, sini di BAP-nya, bingung semua orang, saya kan punya keluarga, saya orang terhormat, pada diam," ujarnya. 


Megawati tak menjelaskan kapan dan terkait kasus apa sehingga ia diperiksa Kejaksaan. 


Namun, karena keyakinannya yang kuat dan berani berbicara, akhirnya Megawati bisa pulang.


"Enggak tahu mungkin itu datang siapanya, enggak tahu bosnya, akhirnya nanti saya (dibilang) dipulangkan kok. Saya enggak mau dipulangkan kalian, nanti saya dianggapnya tersangka, saya pulang sendiri, saya mau telepon suami saya, saya punya hak, saya bilang gitu, berani enggak? Enggak. Semua itu terjadi karena saya (ada) keyakinan," tutup dia. [Democrazy/kmp]

Penulis blog