Back to Top
POLITIK

Ledek Jokowi Pimpin Ritual Kendi di IKN, Rocky Gerung: Air Yang Dituang 34 Gubernur di Kendi Ibarat Minyak Goreng Yang Langka!

DEMOCRAZY.ID
Maret 15, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ledek Jokowi Pimpin Ritual Kendi di IKN, Rocky Gerung: Air Yang Dituang 34 Gubernur di Kendi Ibarat Minyak Goreng Yang Langka!

DEMOCRAZY.ID - Pengamat politik kondang Rocky Gerung menyinggung ritual tuang air dan tanah ke dalam kendi nusantara yang digelar di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur, Senin 14 Maret. Menurut Rocky Gerung, ritual tuang air dan tanah ke kendi nusantara bisa memiliki arti yang berbeda-beda di benak masyarakat.  Namun, bisa saja diartikan air sebagai representasi dari pengganti minyak goreng yang saat ini sulit didapat, sementara tanah simbol dari kebun sawit. "Maknanya kira-kira ada kejernihan, karena itu mesti bawa air. Ada gumpalan tanah yang menunjukkan kita itu bangsa atau manusia itu asal usulnya dari tanah. Kira-kira begitu. Tapi nanti orang tafsirkan, jangan-jangan sebetulnya yang disebut air itu pengganti minyak goreng dan tanah adalah simbol dari lahan sawit. Kan bisa gitu orang tafsirkan. Semua tafsir bisa terjadi justru karena kita nggak nangkap apa sebetulnya maknanya," kata Rocky, dikutip dari kanal YouTubenya, Selasa 15
Baca selengkapnya

Penulis blog